Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Prajurit Yonmarhanlan IV Raih Emas dan Perunggu

Raih 36 Medali, Kontingen Kepri Juara Umum Beladiri HAPKINDO Nasional
Oleh : Harjo
Rabu | 30-08-2017 | 09:31 WIB
HAPKINDO.gif Honda-Batam
Kontingen beladiri HAPKINDO Kepri juara umum Kejurnas. (Foto: DOk Dispen Lantamal IV)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kontingen Kepri keluar sebagai juara umum di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Beladiri HAPKINDO setelah meraih 36 medali, terdiri dari 13 Emas, 9 Perak dan 13 Perunggu, yang berlangsung pada 26-27 Agustus 2017 di Yogyakarta.

Kedatangan para Pahlawan kontingen beladiri HAPKINDO Kepri itu disambut langsung oleh Dewan Penasehat HAPKINDO cabang Tanjungpinang, Laksma TNI R.Eko Suyatno yang juga menjabat sebagai Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV.

Menurut Danyonmarhanlan IV, Letkol Marinir Didik, Kontingen HAPKIDO Kepri turut diperkuat dua orang prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV yaitu Serda Marinir Hutasoit dan Prada Marinir Rafa. Keduanya berhasil menyabet medali emas dan perunggu.

"Kontingen HAPKIDO Cabang Tanjungpinang (Kepri) keluar sebagai juara umum dengan perolehan medali Emas 13, Perak 9 dan Perunggu 13," kata Didik.

HAPKINDO adalah seni beladiri yang populer dikalangan Militer dan sipil seperti yang dikembangkan dikalangan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV dengan ciri memakai teknik-teknik kuncian (joint locks), bergulat (grappling) dan teknik seni bela diri tendangan (kicks), pukulan (punches),lemparan (throwing), serangan sabetan dan tusukan (striking).

Beladiri ini sangat dinamis dan elektik, namun sangat mematikan. Beladiri ini salah satu bentuk pertahanan diri dan lahir dari negeri ginseng Korea. Beladiri ini telah berkembang di Eropa, Australia dan sejumlah negara di Asia termasuk di Indonesia.

Beladiri HAPKIDO dideklarasikan pada 14 Mei 2014 di Jogyakarta walau usianya tergolong baru di Indonesia namun perkembanganya sangat pesat.

Di lingkungan Korps Marinir Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV Lantamal IV Tanjungpinang telah menetapkan beladiri ini wajib dikuasai oleh prajurit Marinir, Beladiri ini mempunyai kelebihan dan kekhasan sangat mematikan. Beladiri ini sangat cocok untuk kalangan Militer, seperti halnya di kalangan beberapa Militer di negara di Eropa, Asia bahkan Afrika merupakan beladiri wajib bagi kalangan Militer mereka.

HAPKIDO merupakan beladiri kolaborasi teknik melumpuhkan lawan dengan pemahaman dan memanfaatkan titik-titik kelemahan yang ada pada anatomi tubuh manusia.

Editor: Gokli