Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

CEO Tokopedia Sikapi Netral Penunjukkan Jack Ma
Oleh : Redaksi
Selasa | 29-08-2017 | 13:26 WIB
ceo_tokopedia.jpg Honda-Batam
CEO Tokopedia William Tanuwijaya menanggapi netral keputsan Rudiantara menunjuk Jack Ma sebagai penasihat e-commerce. (Foto: Dok. Tokopedia)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - CEO Tokopedia William Tanuwijaya menilai pemerintah punya pertimbangan tersendiri dalam penunjukan Jack Ma sebagai penasihat industri e-commerce dalam negeri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika.

"Pasti ada pertimbangan khusus dari pemerintah," ujar William singkat saat ditemui di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

William juga mengaku dirinya netral saja dalam pemilihan Jack Ma tersebut. Ia menyerahkan sepenuhnya keputusan itu kepada pemerintah.

Sebelumnya diketahui bahwa Menkominfo Rudiantara telah resmi meminang bos Alibaba untuk jadi salah satu penasehat untuk komite pengarah industri e-commerce yang dipimpin oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution.

Pinangan itu disampaikan ketika Rudiantara dan Darmin berkunjung ke Beijing, China baru-baru ini. Jack Ma sendiri melalui Rudiantara menyatakan keterlibatannya ke iklim e-commerce Indonesia nanti bukan mewakili Alibaba, tapi sebagai orang yang akan membantu mengembangkan ekosistem UMKM agar mendapat nilai tambah dari teknologi.

Alibaba, perusahaan yang didirikan oleh Jack Ma, juga perusahaan yang sama yang baru saja menginvestasikan modal sebesar 14,7 triliun rupiah ke Tokopedia. Dalam pengumuman resmi, William menyatakan investasi tersebut menjadikan Alibaba sebagai pemegang saham minoritas.

Poin minoritas itu juga ditekankan kembali oleh William. Ia mengatakan Tokopedia tak akan mengadopsi teknologi dari Alibaba seperti Alipay, sistem pembayaran daring buatan Alibaba.

"Jadi mereka hanya investor minoritas, jadi tidak ada rencana ke sana (mengadopsi Alipay)," imbuhnya.

Penunjukkan Jack Ma sebelumnya mendapatkan respons pro dan kontra. Tanggapan pro muncul melihat rekam jejak Jack Ma dalam membesarkan Alibaba.

Sementara mereka yang kontra khawatir penunjukkan Jack Ma bisa berdampak negatif bagi pemain e-commerce lokal.

Editor: Dardani