Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bakamla Amankan Dua Kapal Kargo Bermuatan Barang dari Singapura
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 08-08-2017 | 19:50 WIB
Kapal-Budi-Jasa-yang-diamankan-Bakamla-Pusat.gif Honda-Batam
Kapal Kargo Budi Jasa yang diamankan Bakamla Pusat (Foto: Romi Candra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dua unit kapal pengangkut barang dari Singapura menuju Batam diamankan Badan Keamanan Laut (Bakamla) Pusat, Senin (7/8/2017) malam sekitar pukul 23.00 WIB.

Belum diketahui kesalahannya, namun saat ini, Selasa (8/8/2017), dua kapal bernama KM Budi Jasa dan KM Batam Indah 10 diamankan di Pelabuhan Sekupang.

Kepala Bagian Umum Zona Maritim Barat Bakamla Kepri, Kombes Hadi Purnomo, mengatakan, bahwa dalam hal ini merupakan operasi terpusat dari Jakarta. Sasarannya berkaitan masalah kejahatan di laut dan lebih spesifik tentang penyelundupan.

"Ada dua kapal yang diamankan Bakamla Pusat. Ini operasi terpusat. Dugaan sementara terkait pelayaran dan ketidaksesuaian dengan manifest barang yang ada di kapal," ungkap Hadi.

Kedua kapal yang ditangkap Bakamla merupakan jasa transportasi laut khusus barang dengan rute Sekupang, Batam-Singapura.

"Terkait apakah benar ada pelanggaran soal manifest, saat ini masih berkoordinasi dengan Bea dan Cukai dan masih menunggu hasilnya. Jika ada pelanggaran, kedua kapal akan diserahkan ke Bea dan Cukai. Sekarang ini baru sebatas dugaan," jelasnya.

Editor: Udin