Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kabel Internet Diputus, Kinerja OPD Anambas Terhambat
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 07-08-2017 | 17:50 WIB
kabel-diputus-orang.gif Honda-Batam
Ilustrasi kabel optik (serat kaca) diputus oleh oknum yang tidak bertanggung jawab (Sumber foto: poradu24.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) yang berada di bawah naungan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Kepulauan Anambas lumpuh total. Pasalnya, akses internet sebagai penghubung Simda tersebut mati, setelah kabel optik dari v-sat diputus oknum yang tak bertanggung jawab.

Kepala Bidang Perbendaharaan BKD Kabupaten Kepulauan Anambas, Agustian, mengatakan bahwa pengajuan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terhambat akibat akses internet terputus.

"Surat Perintah Pencairan Dana (SPPD) dari BKD ke Bank Riau tidak dapat terhubung, karena internet terputus, jadi pencairan dilakukan secara manual. Tetapi harus berkoordinasi dahulu dengan pihak Bank. Namun yang menjadi kendala yakni data dari OPD tidak bisa di-input, karena semua OPD juga ikut merasakan internet terputus," ujarnya, Senin (7/8/2017).

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Kepulauan Anambas, Japrizal, menguraikan bahwa kabel optik (serat kaca) diputus oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, persis di dekat v-sat.

"Jadi semua internet mati total, karena yang diputus yaitu kabel utama dari v-sat. Dan saat ini kami sedang menunggu pesanan kabel tiba di Tarempa, agar internet bisa pulih kembali," jelas Japrizal.

Dia mengakui, kejadian tersebut telah disampaikan kepada Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, bahkan sudah membuat laporan ke Polres Anambas. "Kita tidak tahu apa motif pelaku terkait pemutusan kabel ini. Yang ada semua kinerja OPD terkendala karena tidak bisa terhubung internet. Pak Bupati juga menegaskan, agar kejadian ini tidak terulang, segera dilaporkan ke Polres Anambas. Karena pelayanan masyarakat menjadi terhambat," tegasnya.

Editor: Udin