Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Baru 12 Desa di Lingga Mendirikan BUMDes
Oleh : Bayu Yiyandi
Jum\'at | 28-07-2017 | 13:02 WIB
BUMDes1.gif Honda-Batam
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). (Foto: The Tanjungpura Times)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Dari 75 Desa yang ada di Kabupaten Lingga, baru 12 yang mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai penunjang pendapatan dan peningkatan ekonomi bagi masyarakatnya.

"Iya baru 12 desa yang mendirikan BUMDes dan sudah memiliki Perdes. Sisanya belum," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lingga, M Al Imran belum lama ini.

Dia menjelaskan belumnya itu dikarenakan masih lemahnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh masing-masing desa, sehingga menghambat lambannya pertumbuhan BUMDes.

"Masalah SDM ini yang menjadi penghambatnya. Setiap desa mengeluh karna tidak punya SDM yang mampu mengolah BUMDesnya nanti," ungkap Imran.

Namun begitu, DPMD Lingga kata Imran terus melakukan sosilisasi mengenai hal tersebut ke seluruh Kepala Desa dan BPD, bagaimana potensi di desa bisa dapat terangkat dan di kelola langsung oleh desa dan masyarakat setempat.

"Baru-baru ini kami juga baru usai melakukan sosialiasi ke Kades dan BPD. Dalam sosialisasi itu kami tekankan agar segera membentuk BUMDes. Kalau untuk masalah SDM nanti ada pembinaan dan penyuluhannya," ujar Imran.

Dia berharap, sisa Desa yang masih belum mendirikan BUMDes itu agar bisa secepatnya dibentuk. Karena BUMDes menurutnya sangat penting untuk menampung kegiatan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baik yang berkembang menurut adat istiadat dan budaya setempat, ataupun kegiatan perekonomian yang diserahkan untuk dikelola oleh masyarakat melalui program pemerintah.

"Saya harap mereka segera membentuk BUMDes. Tapi tetap harus mengikuti tahapan yang ada dan dilewati dalam pembentukannya. Salah satunya yakni perangkat desa harus melakukan inisiatif desa yang dirumuskan secara partisipatif oleh seluruh komponen penduduk desa," tutup Al Imran.

Editor: Yudha