Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cabai Merah dan Tomat Bertahan di Harga Tinggi
Oleh : M001/Dodo
Senin | 14-11-2011 | 16:18 WIB
cabe_merah.jpg Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Harga cabai merah dan tomat di beberapa pasar tradisional di Batam masih terpantau berada di level tinggi pada Senin (14/11/2011).

Pantauan batamtoday di Pasar Tos 3.000 Jodoh, harga cabai merah merangkak naik di harga Rp60 ribu per kilogramnya atau naik Rp20 ribu dari pekan lalu yang masih berada di kisaran Rp40 ribu per kilogramnya.

"Masih tinggi mas. Rp60 ribu per kilogramnya untuk cabai merah yang didatangkan dari Medan," kata Leo, penjual sayuran di Pasar Tos 3.000 kepada batamtoday.

Leo beralasan melambungnya harga komoditas pedas itu diakibatkan pada menipisnya stok dan tingginya harga di daerah pemasok. Dia mengungkapkan, untuk harga cabai merah di Medan saat ini mencapai Rp45 ribu setiap kilogramnya.

Kenaikan harga juga diikuti varian cabai lainnya yakni cabai rawit yang kini bertengger di harga Rp26 ribu dari Rp20 ribu per kilogram pada pekan kemarin. Sedangkan cabai hijau tak jauh beda berada di kisaran Rp25 ribu per kilogram, namun Leo mengatakan stok cabai hijau saat ini kosong di beberapa pedagang.

Sementara itu, harga tomat meroket harganya sebesar 80 persen dari Rp8 ribu menjadi Rp14 ribu per kilogram.

Kenaikan dua jenis sayuran ini membuat beberapa konsumen merasa kecewa. Seperti Dewi (30), warga Tanjunguma yang merasa kecewa dan heran dengan sering berubahnya harga sembako dan perubahan harga itu memiliki kecenderungan naik.

"Pasokan berkurang itu hanya alasan saja. Harusnya pemerintah sigap dengan kondisi ini," tukasnya ketus.