Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Apri Sujadi Inginkan Produk Pangan Olahan Bintan Tembus Pasar Internasional
Oleh : Syajarul Rusydy
Kamis | 20-07-2017 | 16:26 WIB
Apri-Sujadi-beri-semangat.gif Honda-Batam
Bupati Bintan, Apri Sujadi, secara resmi membuka kegiatan Temu Usaha Peningkatan Kemampuan Lembaga Petani dalam rangka Peningkatan Mutu Produk Pangan Olahan bagi para petani Bintan (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Produk pangan olahan merupakan kreasi bisnis yang dilakukan oleh para petani untuk semakin memaksimalkan hasil yang didapat. Untuk itulah pelatihan, bimbingan dan dukungan dari berbagai kalangan sangat diharapkan untuk dapat meningkatkan segala peluang yang ada.

Bupati Bintan, Apri Sujadi, secara resmi membuka kegiatan Temu Usaha Peningkatan Kemampuan Lembaga Petani dalam rangka Peningkatan Mutu Produk Pangan Olahan bagi para petani Bintan di Aula Pertemuan Kantor Camat Topaya, Kamis (20/7/2017) pagi.

Turut hadir Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Hj. Susi Susilawati SAg MEd, Asisten I Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs H Junisman MM, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bintan Khairul S Sos, dan beberapa Kepala OPD lainnya.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari penuh itu digagas untuk meningkatan mutu produk olahan dalam segi kualitas, pengemasan sampai kepada pemasaran yang tentu diharapkan akan berdampak baik bagi perekonomian.

Khairul dalam laporannya menyampaikan beberapa fenomena yang menjadi hambatan bagi usaha olahan pangan yang ada di Bintan. Hal ini tentu membutuhkan perhatian khusus dan harus ditangani dengan serius.

"Kami memahami segala hambatan yang ada di lapangan, lebih lagi bapak ibu mungkin terhambat dalam segi pemasaran produk untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Untuk itu ke depannya kita harapkan dapat sama-sama saling berkoordinasi agar kuantitas produk yang ada dapat ditingkatkan, jaminan kualitasnya kita pastikan dan pemasarannya kita luaskan," ujarnya.



Sementara itu Apri Sujadi, yang tampak begitu antusias menghadiri acara tersebut mengungkapkan harapannya agar produk pangan olahan yang ada di Bintan tidak kalah saing dengan produk dari luar. Dirinya bahkan mengharapkan agar di kemudian hari produk-produk ini dapat menembus pasar internasional dan menjadi kuliner khas Kabupaten Bintan.

"Kita tidak bermaksud untuk berkhayal, tetapi harapan ini kita perlukan. Sama-sama kita menggenggam harapan agar produk-produk kita nantinya benar-benar dapat menjangkau konsumen yang lebih luas, bahkan kita ekspor ke negara-negara tetangga," ungkap Apri memberikan semangat kepada peserta yang hadir.

Bintan sendiri sudah pernah mengekspor hasil olahan pangan ke Singapura dan Malaysia. Untuk itu, bukan tidak mungkin kalau di masa mendatang, hasil olahan masyarakat Bintan kembali menembus pasar global.

Editor: Udin