Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Tahun Ajaran Baru, Ibu-ibu Padati Toko Perlengkapan Sekolah
Oleh : CR-16
Sabtu | 15-07-2017 | 12:14 WIB
toko-perlengkapan-sekolah1.gif Honda-Batam
Salah satu toko perlengkapan sekolah di Karimun dipadati pengunjung. (Foto: Wendy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Menjelang tahun ajaran baru 2017-2018, toko perlengkapan sekolah di Karimun mulai dibanjiri oleh ibu-ibu yang berbelanja kebutuhan anak mereka.

Pantauan BATAMTODAY.COM, Sabtu (15/7/2017), sejumlah lokasi penjualan perlengkapan sekolah terlihat ramai didatangi para orang tua beserta anak-anak yang sedang mencari kebutuhan sekolah. Salah satunya Toko Salemba di Jalan A. Yani, Kelurahan Sei Lakam.

"Hari senin minggu depan anak-anak masuk sekolah, kita mencari buku tulis, seragam sekolah dan kebutuhan lainnya," ujar Dwi, salah satu warga.

Dia mengatakan, persiapan yang dilakukan untuk anak masuk sekolah tinggal 2 hari lagi, tapi untuknya seragam sekolah dan alat-alat tulis masih tersedia, sebab tahun ini seragam sekolah tidak disediakan sekolah lagi.

"Inikan tahun ajaran baru, jadi semua serba baru. Jadi mumpung masih ada waktu untuk mencari perlengkapan sekolah," ujarnya.

Hal serupa juga terjadi di Supermarket Indo PN, Kelurahan Teluk Uma. Para orang tua dan anaknya terlihat sedang sibuk membeli perlengkapan sekolah. "Untuk baju, sepatu sudah dibeli, dan ini lagi mencari buku- buku tulis untuk keperluan sekolah anak saya," ujarnya.

Sementara, salah satu penjual perlengkapan sekolah Defi Anggraini mengatakan, bahwa omset pada seminggu menjelang masuknya tahun ajaran baru ini meningkat 2 kali lipat dari hari biasanya. "Kemarin sempat pada masa libur orang tua sudah membeli perlengkapan namun tak seramai pada seminggu ini, omset kita bisa hingga Rp 3 juta sampai Rp 6 juta perharinya," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa peningkatan ini terjadi sejak Minggu (9/7/2017) lalu, para orang tua mencari kebutuhan untuk anak sekolah. Sedangkan untuk harga seragam, menurutnya bervariasi dari Rp 50 ribu hingga Rp 110 ribu tergantung dari bahan yang dicari. "Untuk harga tergantung dari bahannya apa, serta dari ukuran panjang pendeknya lengan," katanya.

Editor: Yudha