Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Single Despacito Dominasi Chart Musik Latin
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 14-07-2017 | 14:50 WIB
despacito1.gif Honda-Batam
Single Despacito. (Foto: Youtube)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Tiba di pertengahan tahun, dunia musik pun mulai digandrungi single Despacito yang merupakan hasil kolaborasi Luis Fonsi, Daddy Yankee dan Justin Bieber. Bahkan menurut Nielsen Music, single Despacito juga sukses mendominasi industri musik Latin di pertengahan tahun 2017.

Pasalnya dari data yang dilaporkan Nielsen Music, Despacito berhasil meraih sukses besar dengan mencatat angka streaming secara besar. Baik video maupun audio, Despacito sanggup meraih angka total sebesar 624,6 juta dengan rentang waktu dari Desember hingga Juni.

Namun bukan berarti Despacito adalah satu-satunya single yang mendominasi chart musik Latin. Yap, tepat di bawahnya ada Shakira dengan lagu Chantaje yang mencatatkan angka streaming sebesar 140,3 juta. Walau begitu, data tersebut belum termasuk dengan angka fantastis yang didapat album Shakira.

Pada tahun 2017 ini, EL DORADO pun tercatat sebagai album musik Latin paling laris dengan total angka penjualan sebanyak 131.000 equivalent album units. Equivalent album units sendiri terdiri dari penjualan album secara tradisional, penghitungan setiap track (TEA), serta angka streaming yang diperoleh (SEA).

Selain itu, album EL DORADO juga berhasil terjual sebanyak 33 ribu keping hingga menjadikannya album musik Latin dengan penjualan terbesar. Tentu saja hal ini membuktikan kalau Shakira memang layak untuk mendominasi chart musik Latin bersama Luis Fonsi.

Saat ini dunia musik memang tengah mengalami demam Despacito.

Editor: Yudha