Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diduga Banyak Titipan Pejabat

Kisruh PPDB Batam, Seluruh Kepsek Rapat Mendadak di Kantor Disdik
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 11-07-2017 | 13:14 WIB
kantor-disdik-batam1.gif Honda-Batam
Kantor Dinas Pendidikan Kota Batam. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kisruh penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Kota Batam selalu terulang setiap tahun ajaran baru. Hal itu membuat Kepala Dinas Pendidikan geram dan memanggil seluruh Kepala Sekolah SD dan SMP pada Selasa (11/7/2017).

Berdasarkan informasi dan pantauan BATAMTODAY.COM di lapangan selama proses PPDB banyak menuai protes dari orang tua calon siswa. Seperti di SMP 47 Tanjungriau, ratusan warga menggeruduk dan mengancam menyegel sekolah karena warga sekitar melalui jalur bina lingkungan tidak diakomodir pihak sekolah.

Belum lagi kisruh di SMPN 21 Sagulung, ratusan orang tua siswa juga protes karena anaknya yang memiliki nilai tinggi tidak lulus seleksi PPDB. Selain itu ada juga server Disdik yang lemot sehingga membuat proses PPDB sempat terhambat.

Belum lagi ditengarai banyaknya siswa titipan penjabat serta anggota DPRD Batam. Bahkan ada oknum anggota Dewan yang memberikan memo untuk meluluskan seorang siswa di PPDB.

"Tidak tau mendadak dipanggil, biasa masalah PPDB tentu ada panggilan mendadak, guna menyelesaikan permasalahan yang ada," kata Supriadi kepala sekolah SD 004 Batuaji di Kantor Dinas Pendikan, Selasa (11/07/2017).

Kepala sekolah itu dipanggil dan dikumpulkan di gedung Gurindam Dinas Pendidikan Kota Batam (Disdik) di Jl. Pramulka, Seiharapan Sekupang, sekitar pukul 12.20 Wib. "Infonya rapat jam 10.00 Wib, tapi berhubung Kadisdiknya belum datang, jadi belum dimulai," katanya.

Saat ini rapat sedang berlangsung dan tertutup dipimpin langsung Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Muslim Bidin.

Editor: Yudha