Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Helikopter Basarnas Jatuh, Inilah Daftar Para Korban
Oleh : Redaksi
Senin | 03-07-2017 | 08:12 WIB
heli_basarnas_jatuh.jpg Honda-Batam
Beginilah kondisi helikopter Basarnas yang naas. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kabid Pelatihan dan Riset Tim Tanggap Bencana Provinsi Jawa Tengah, Petut Wibowo, mengatakan ada empat korban yang diduga tewas dalam insiden jatuhnya helikopter oranye milik Badan SAR Nasional (Basarnas), pada Ahad (2/7) sore. Sembilan orang terdiri dari kru Basarnas dan awak helikopter.

Ketika dikonfirmasi Republika, Ahad malam, Petut menuturkan ada empat anggota Basarnas dan lima kru helikopter yang diduga tewas. "Sembilan orang kemungkinan besar tewas sebab berdasarkan informasi bagian depan helikopter hancur," ungkapnya.

Dia juga menyebutkan keterangan sejumlah saksi yang melihat dua korban setelah jatuhnya helikopter tersebut. "Masyarakat sudah melihat tetapi belum berani melakukan evakuasi sebab takut terjadi ledakan," lanjut dia.

Petut mengatakan lokasi jatuhnya helikopter berada di Pegunungan Bathok, Kabupaten Temanggung. Wilayah terdekat dari lokasi itu adalah Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung.

Data yang diperoleh dari sumber di Basarnas, Minggu (2/7/2017). Heli tersebut telah mengangkut 9 orang yang terdiri dari empat orang penumpang dan lima orang kru:

1.Muhamad Afandi
2. Nyoto Purwanto
3. Budi Resti
4. Catur

Kru Heli

1 Kapt Laut (P) Haryanto
2. Kapt Laut (P) Li Solihin
3. Serka MPU Hari Marsono
4. Peltu LPU Budi Santoso
5. Kld Yoga Febrianto

Diketahui, helikopter Basarnas terjatuh di Desa Mloso, Candiroto, Temanggung, Jawa Tengah, saat ingin mengevakuasi korban Kawah Sileri.

Kasatlantas Polres Temanggung, AKP Sandhi Widyanoe mengatakan, helikopter tersebut diduga menabrak tebing Gunung Butak.

Menurutnya, berdasarkan informasi 2 petugas dikabarkan tewas. Hingga saat ini, kedua korban belum ditemukan karena medan lokasi cukup terjal.

Sumber: Republika
Editor: Dardani