Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masyarakat Berharap MV Arena II Permanen Layani Rute Pancur - Tanjungpinang
Oleh : Nurjali
Sabtu | 01-07-2017 | 12:14 WIB
MV-Arena1.gif Honda-Batam
MV Arena diharapkan tetap melayani pelayaran Pancur - Tanjungpinang. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Lingga Utara - Masyarakat Pancur Kecamatan Lingga Utara berharap agar kapal MV Arena II yang melayani penumpang selama mudik lebaran rute Pancur - Tanjungpinang dapat beroperasi secara permanen.

Zainudin salah satu warga mengatakan dengan beroperasinya kapal Arena II sangat membantu masyarakat Kecamatan Lingga utara yang selama ini hanya dilayani speed boat Istiqomah dan hanya mampu menampung puluhan penumpang.

"Kami berharap kapal ini terus beroperasi, dan jadwal trayeknya segera di atur agar pelayanannya lebih maksimal," ucap Udin, Sabtu (1/7/2017).

Menurutnya, selama ini masyarakat harus berdesakan dan memakan biaya yang tidak sedikit jika harus ke Pelabuhan Sungai Tenam. Dengan adanya tambahan armada ini diharapkan akan lebih memudahkan akses masyarakat menuju ke Tanjungpinang dan Batam.

"Kita berharap permanen, karena kapal ini sangat membantu masyarakat, kalau hanya speedboat Istiqomah sangat terbatas penumpangnya," sebutnya.

Sementara itu Kepala Bidang Perhubungan Laut di Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga, Selamat mengatakan pihaknya belum dapat memastikan apakah kapal MV Arena II ini akan terus melayani rute Pancur - Tanjungpinang atau hanya saat idul fitri ini saja. Hal ini menurutnya harus dibicarakan lagi dengan pihak operator dan pemerintah daerah.

"Belum bisa kita pastikan, tapi selama penumpang masih ramai seperti arus mudik dan balik kita akan minta operator tetap melayani rute ini," sebutnya.

Lanjutnya, kepadatan arus balik Idul Fitri tahun ini diperkirakan terjadi sejak H+3 hingga hari H+7 lebaran. sehingga MV Arena II masih beroperasi.

"Arus balik dari dan ke pulau-pulau Senayang akan terbantu dengan kapal Arena ini. Rute pelayarannya sama dengan Speedboat Istiqomah, menyinggahi Senayang dan pulau sekitar. Jadi kalau yang mau berangkat pagi bisa dengan kapal Istiqomah, siangnya bisa naik Mv Arena II," jelasnya.

Editor: Yudha