Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapal Perang AS Tabrakan di Perairan Jepang, Tujuh Kru Hilang
Oleh : Redaksi
Sabtu | 17-06-2017 | 13:38 WIB
kapal-perang-as1.jpg Honda-Batam
Kapal USS Fitzgerald bertabrakan dengan kapal pengangkut kontainer berbendera Filipina di perairan Jepang. (Kyodo/via REUTERS)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Tujuh pelaut Angkatan Laut AS hilang dan sejumlah lainnya luka-luka setelah kapal peerusak milik AS bertabrakan dengan kapal dagang di lepas pantai Jepang.

 

Angkatan Laut AS mengatakan bahwa kapal perusak USS Fitzgerald mengalami kerusakan setelah insiden tabrakan itu.

Komandan Bryce Benson termasuk satu dari tiga awak kapal perang itu yang luka-luka dan harus diterbangkan ke rumah sakit militer di Yokosuka, Jepang. Angkatan Laut AS mengatakan kondisi Komandan Benson saat ini stabil.

Sementara itu, Komandan Operasi Angkatan Laut AS Laksamana John Richardson mengatakan tiga awak lainnya juga diterbangkan ke rumah sakit karena luka yang diderita.

Pasukan Penjaga Pantai Jepang mengatakan kepada CNN bahwa kedua kapal ini bertabrakan pada Sabtu (17/6/2017) pukul 02.30 waktu setempat sekitar 19 kilometer dari Semenanjung Izu.

AL Amerika Serikat mengatakan kerusakan akibat tabrakan itu membuat kapal USS Fitzgerald bocor namun awak kapal bekerja keras memompa air laut yang masuk keluar dari kapal.

Seorang pejabat AL AS mengatakan kepada CNN bahwa kapal penjelajah ini masih bisa beroperasi dengan tenaga listrik sendiri tetapi tenaganya terbatas.

Angkatan Laut AS mengatakan satu helikopter milik Pasukan Penjaga Pantai Jepang membantu mengevakuasi korban yang luka, sementara stasiun televisi Jepang NHK memperlihatkan tayangan video ketika awak yang luka diangkut ke atas helikopter.

Pasukan Penjaga Pantai Jepang mengatakan empat kapal dan satu helikopter milik mereka membantu untuk memeriksa kerusakan dan mengitari kapal untuk mencari awak yang kemungkinan terjatuh ke laut.

Para pejabat mengatakan kapal dagang yang terlibat dalam insiden itu adalah ACX Crystal, sebuah kapal pengangkut kontainer berbendera Filipina.

Situs lalu lintas kapal laut, marinetraffic.com, menyebut bahwa kapal Crystal meninggalkan pelabuhan Nagoya pada Jumat (16/6/2017) malam.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha