Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batavia Gagal Berangkat, Penumpang Marah
Oleh : Ali/Dodo
Senin | 07-11-2011 | 13:32 WIB
gagal.gif Honda-Batam

Sejumlah penumpang tampak mengerubungi konter Batavia Air di Bandara Hang Nadim menuntut pengembalian tiket akibat gagal berangkat ke Jakarta. (Foto: Ali)

BATAM, batamtoday - Puluhan penumpang Batavia Air marah setelah mereka gagal berangkat dengan pesawat bernomor penerbangan Y-572 menuju Jakarta pada Senin (7/11/2011).

Puluhan penumpang tersebut sedianya berangkat pukul 9.15 WIB dan telah menunggu di Bandara Hang Nadim sejak pukul 8.30 WIB. Namun hingga pukul 13.00 WIB tak mendapat kepastian berangkat dari pihak maskapai.

Setelah beberapa jam menunggu, puluhan penumpang itu lantas mendatangi konter Batavia Air dan meminta pengembalian tiket yang telah mereka beli. Ada juga, di antara penumpang itu yang meminta penggantian maskapai agar tetap bisa terbang ke Jakarta.

"Kalau gak becus gini, mending tutp aja Batavia Air dan ganti dengan pesawat lain. Batavia terus bermasalah dengan merugikan konsumen," kata Al, salah seorang penumpang di loket Batavia Air dengan nada marah.

Lelaki yang tertunda keberangkatannya untuk urusan dinas ini juga merasa kecewa, dengan alasan kesalahan teknis yang hingga saat ini masih dalam pembenahan belum ada titik terang dari pihak Batavia Air. Pasalnya , tiket yang dia beli tidak dikembalikan penuh sesuai dengan harga.

"Saya beli Rp500 ribu, masak dikembalikan seharga Rp402.500. Yang benar aja," amuknya kembali kepada petugas.

Petugas Batavia mengembalikan uang tidak sesuai dari harga pembelian dikarenakan harga tersebut sudah merupakan harga tiket standar Batavia Air, hanya saja dalam lembaran tiket pihak travel yang menentukan harga.

"Harga ini adalah harga kami, jadi kalau bapak membel tiket harga segitu, berarti dari pihak travelnya," terang petugas konter Batavia Air.

Sementara Indra, calon penumpang lainnya terpaksa meminta pihak Batavia Air untuk mengurus penerbangannya dengan maskapai lain, meski jadwal keberangkatannya nanti sore sekitar pukul 15.00 WIB.

"Mau gimana lagi, pesawat tidak bisa terbang, sementara keberangkatan saya dalam rangka dinas, yang jelas penumpang dirugikan," ujar Indra yang anggota Polri ini.

Hingga saat ini, pihak manajer Loket Batasvia Air belum berhasil dikonfirmasi, dengan dalih masih mengurus pengembalian tiket dan pergantian penerbangan calon penumpang yang gagal berangkat ke Jakarta.