Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ada Perombakan, Ini Wajah Baru Twitter
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 16-06-2017 | 15:38 WIB
twitter11.gif Honda-Batam
twitter. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Twitter mengumumkan perubahan wajah terbarunya pada Jumat (16/6) setelah dirilis dalam versi beta selama beberapa waktu. Sejumlah feedback dari pengguna juga disematkan pada update yang bisa dirasakan dalam waktu dekat.

"Hari ini, dengan banyak masukan dan gagasan dari Anda, kami juga menyegarkan produk kami dan membuatnya terasa lebih ringan, lebih cepat, dan lebih mudah digunakan," kata Grace Kim, kepala riset dan desain pengguna Twitter.

Perombakan desain disebut Kim dirilis setelah mendengarkan beragam masukan yang disukai pengguna. Twitter juga memastikan melakukan sejumlah perbaikan dan kostumisasi.

Pengguna Twitter mobile dan Lite di Indonesia akan melihat profil, akun tambahan, pengaturan dan privasi berada di satu sisi. Twitter juga menyederhanakan menu navigasi di sisi samping dan tab yang lebih sedikit di bagian bawah aplikasi.

Perubahan desian ini diharapkan bisa lebih menyederhanakan dan membuat tampilan lebih rapi, disamping untuk mempermudah pengguna menemukan apa yang mereka cari.

"Pembaruan ini sudah diimplementasikan di Android tahun lalu dan sekarang akan diimplementasikan di iOS juga," katanya dilansir CNNINdonesia.com.

Selain itu, tautan ke artikel dan situs web bisa dibaca langsung di Safari pada aplikasi Twitter. Tujuannya juga untuk memudahkan pengguna mengakses situs web yang memang sudah didaftarkan.

Perusahaan mikroblogging 140 karakter ini juga memperbarui tipografi untuk menjadikannya lebih konsisten, dan menambahkan headline yang lebih besar agar pengguna dapat lebih mudah fokus terhadap apa yang sedang terjadi. Foto profil juga akan berubah menjadi bentuk lingkaran.

Twitter juga akan memberikan ikon yang lebih intuitif demi mempermudah pengguna berinteraksi dengan pengguna lainnya - terutama bagi pengguna yang belum familiar dengan layanan ini.

"Misalnya: orang mengira ikon balasan dan tanda panah adalah ikon untuk menghapus atau kembali ke halaman sebelumnya. Ikon balasan akan berganti dengan ikon gelembung bicara, simbol universal yang sudah umum bagi banyak orang," Twitter memberi contoh.

Selain itu, khusus pengguna Android dan iOS cuitan akan diperbarui dengan memasukkan Reply, Retweet, dan Like agar pengguna dapat melihat pembicaraan secara live. Pengguna iOS juga akan memiliki opsi aksesibilitas; seperti kontras warna yang lebih baik dan opsi untuk membuka tautan ke situs web pada tampilan Safari Reader.

Pembaruan ini akan tersedia untuk pengguna Twitter, Twitter Lite, perangkat mobile dan desktop dalam beberapa waktu ke depan. Untuk saat ini Twitter yang diakses melalui perangkat desktop sudah hadir dengan desain baru.

Sementara untuk pengguna Android dan iOS bisa memperbarui layanan berlogo burung biru tersebut melalui Google PlayStore dan AppStore dalam waktu dekat.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha