Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Marak Kasus Hipnotis di Batam

Waspada Terima Tamu Orang Tak Dikenal
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Senin | 07-11-2011 | 12:18 WIB
kapolresta_Barelang.gif Honda-Batam

Kombes (Pol) Eka Yudha Satriawan, Kapolresta Barelang.

BATAM, batamtoday - Maraknya kasus hipnotis yang memakan korban masyarakat di Batam akhir-akhir ini membuat orang nomor satu di jajaran Polresta Barelang Kombes Pol Eka Yudha Satriawan angkat bicara dan menghimbau warga agar berhati-hati terhadap orang yang tak dikenal.

"Kepada warga agar berhati-hati dengan orang yang tak dikenal yang datang bertamu ke rumah," ujar Eka kepada batamtoday di Mapolresta Barelang, Senin (7/11/2011).

Dia menambahkan, modus hipnotis yang dilakukan pelaku sekarang berbeda dengan kasus-kasus sebelumnya. Jika kemarin pelaku banyak beraksi ditempat-tempat umum seperti di pasar atau angkutan umum, kini mereka lebih berani datang ke perumahan warga.

"Kini mereka lebih berani lagi, dengan mendatangi rumah warga dengan menawarkan produk-produk yang merupakan modus untuk melakukan aksi kejahatan tersebut," terangnya.

Diharapkan warga harus lebih berhati-hati dengan keberadaan orang yang tak dikenal. Jika ada orang yang ingin menawarkan suatu produk harus ada izin dari RT / RW setempat sehingga aksi kejahatan dapat diminimalisir.

"Peran media juga sangat penting di sini, lewat pemberitaan di media massa dan elektronik dapat membantu warga untuk lebih berhati-hati lagi dalam aksi kejahatan hipnotis ini," pungkas Eka.

Diberitakan sebelumnya, pelaku hipnotis terhadap siswa sekolah dasar (SD) Apriyanti Cathy Napitupulu yang sering beraksi di sekolah-sekolah berhasil dibekuk tim buser Lubuk Baja saat beraksi di SD Cahaya Bangsa Bengkong.

Selain Cathy, ada beberapa pelaku hipnotis dengan melakukan modus menawarkan produk-produk kesehatan dan kecantikan yang sering mendatangi kediaman warga. Dan kini pelaku belum tertangkap dan terus menjalani aksi mereka.