Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Safari Ramadahan dan Nuzul Quran di Anambas

Nurdin Ajak Masyarakat Tanamkan Kebaikan dan Terapkan Al-Quran dalam Kehidupan
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 13-06-2017 | 11:27 WIB
nurdin-015.gif Honda-Batam

PKP Developer

Gubernur Kepri, H. Nurdin Basirun. (Foto: Humas Pemprov Kepri)

Peringatan malam Nuzulul Quran pada malam ke-17 Ramadhan 1438 H 2017 di Anambas, Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun mengajak seluruh masyarakat Kepri, menanamkan kebaikan, serta memahami dan menerapkan kebaikan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Nurdin mengatakan, Al-Quran tidak hanya dibaca, tapi juga mesti memahami makna dan arti yang terkandung di dalamnya. Karena dalam 1 kalimat saja Al-Quran memiliki banyak arti dan harus dipelajari dengan benar serta tidak disalah artikan.

"Kita harus mengacu pada riwayat-riwayat terdahulu mengenai tafsiran Quran," kata Nurdin dalam perungatan Nuzul Quran di Masjid Jami Baiturrahim Tarempa Kepulauan Anambas, Ahad (11/6/2017) malam.

Peringatan Nuzulul Quran pada malam ke 17 Ramdahan ini, kata Nurdin, tidak perlu dirayakan secara berlebihan. Namun yang terpenting adalah ditadabburi atau direnungkan sehingga bisa memahami, mengambil ibrah dan mengamalkan hukum-hukum di dalamnya. Juga terus mengintropeksi diri sampai sekarang sudah sejauh mana amalan terhadap Al-Quran.

Gubernur Nurdin memberikan bantuan kepada warga saat Safari Ramadahan di Masjid Jami Baiturrahim Tarempa.

Jika masih kurang, dambaah dia, setiap umat harus meningkatakan lagi amalan terhadap Al-Quran, karena manfaatnya akan sangat besar dan penting bagi kehidupan setiap umat Muslim.

"Bagi umat Muslim yang senang mendengar lantunan ayat suci Al-Quran di masjid-masjid, Allah akan memberikan hidayah kepada kita masing-masing," lanjut Nurdin.

Dengan memahami dan melaksanakan puasa di bulan Ramadhan, Nurdin mengatakan, setiap orang akan memperoleh kebahagian, dan baik di dunia maupun di akhirat. Apalagi di Bulan Ramadhan yang penuh keberkahan ini, apapun yang diamalkan akan dilipatgandakan, hingga jangan sampai dilewatkan. Dan dalam mempedomani Al-Quran, dengan mendalaminya bertujuan untuk mendapatkan kebahagiaan hidup.

Dalam perayaan Nuzul Quran di Tarempa itu juga terlihat, antusisme masyarakat Tarempa memadati masjid tempat safari Gubernur.

Ketua MUI Provinsi Kepri, Azwar Hasyim dalam Tausiyahnya mengangkat tema "Jadikan Peringatan Malam Nuzulul Quran untuk meningkatkan akhlak yang baik dan Jalin Silaturahmi dengan memahami ajaran Al-Quran".

Hadiri peringatan Nuzul Quran di Anambas, Nurdin Basirun juga mebagikan bantuan sembko kepada masyarakat.

Dalam ceramahnya Ketua MUI mengatakan dengan peringatan Nuzul Quran, pengamalan Al-Quran dapat memudahkan semua umat dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan menghargai antar sesama dan terbangun silaturahmi di dalam kehidupan.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kepri, Marwin Jamal dalam laporannya mengatakan bahwa sesuai arahan Gubernur peringatan malam nuzulul Quran yang biasanya digelar di ibukota Provinsi sejak tahun 2016 lalu akan digelar secara bergilir di 7 Kabupaten/Kota setiap tahunnya.

"Tahun 2017 ini kita pusatkan peringatan Nuzulul Quran di Kabupaten Anambas, hal ini bertujuan selain sebagai Syiar agama juga merupakan wahana silaturahmi antar daerah di Provinsi Kepri," Marwin Jamal, dalam laporannya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris mengucapkan terimakasih kepada pihak Provinsi yang telah menunjuk Anambas sebagai tuan rumah pelaksanaan peringatan malam Nuzulul Quran Tahun 2017. Dengan Kedatangan Gubernur beserta rombongan ini lanjut Abdul Haris menjadikan kedekatan antar daerah semakin erat.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan Bupati Anambas Abdul Haris saat mengikuti peringatan Nuzul Quran di Tarempa, kabupaten Anambas.

"Bapak Gubernur datang, kita di daerah bisa menjelaskan lebih rinci apa-apa saja kebutuhan yang saat ini sedang digesa dan dibutuhkan oleh masyarakat, semoga dengan ini maka kebutuhan tersebut dapat dirangkum oleh pihak Provinsi dan dapat terealisasi dengan cepat dan baik," kata Abdul Haris.

Dalam kesempatan itu, Gubernur bersama jajaran, juga memberikan sejumlah bantuan untuk Operasional masjid, pengurus masjid serta sembako kepada sejumlah masyarakat Anambas termasuk santunan pada ratusan anak yatim.

Sebelum ke Tarempa, pada hari pertama safari Ramadhan Gubernur Kepri bersama rombongan juga mengunjungi Kecamatan Jemaja dan melakukan buka bersama serta melaksanakan Sholat Magrib dengan masyarakat setempat di Masjid Al-Ikhsan Letung.

Dalam kesemptan itu, Nurdin tak lupa mengungkapkan kegembiraannya dapat kembali ke Kabupaten Anambas lagi. Nurdin berujar ketika dirinya datang meskipun dengan judul safari Ramadhan namun terdapat tujuan tambahan yakni melihat sejauh mana pelaksanaan pembangunan yang sudah dilaksanakan.

Nurdin Basirun yang menggelar Safari Ramadahan di Kabupaten Anambas sholat subuh di Masjid Nurul Huda Tarempa.

Usai melaksanakan shalat Isya dan Tarawih berjamaah di Masjid Al-Ikhsab Letung, Gubernur juga memberikan sejumlah bantuan untuk operasional masjid, pengurus serta santunan kepada anak-anak yatim.

Ketua Pengurus Masjid Al-Kautsar Abdul Yakub, mengucapkan rasa terimakasihnya atas kesempatan yang diberikan oleh pihak Provinsi untuk dapat masuk ke dalam daftar safari Ramadhan Gubernur selama berada di Anambas.

"Di tengah kesibukan bapak Gubernur, Alhamdulillah bisa menyempatkan berkunjung ke Anambas dan memasukan masjid kami ke dalam jadwal safari Ramadhan nya. Merupakan kebanggaan kami sebagai masyarakat Letung, semoga Bapak Gubernur selalu diberi kesehatan dan kelancara dalam bekerja membangun Provinsi Kepri ini," ujar Yakub.