Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dibangun Tahun 2015

SPAM IKK Teluk Bintan Belum Juga Beroperasi, Ada Apa?
Oleh : Syajarul Rusydy
Jum\'at | 09-06-2017 | 12:50 WIB
SPAM-Bintan1.gif Honda-Batam
SPAM di Teluk Bintan Belum juga beroperasi. (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) khusus Ibu Kota Kecamatan (IKK), yang dibangun di Kecamatan Teluk Bintan tahun 2015, hingga kini belum berfungsi.

Warga Teluk Bintan yang belum bisa menikmati air bersih dari SPAM IKK tersebut, sangat berharap SPAM itu segera beroprasi. Ali, salah satu warga Teluk Bintan, khawatir, SPAM IKK Teluk Bintan nasibnya berakhir seperti di Desa Malang Rapat, yang sudah 5 tahun tertidur.

"Sampai sekarang belum beroperasi, padahal bangunannya sudah sejak lama berdiri," beber Ali saat, Jumat (9/6/2017).

Sebelumnya, kata Ali, pernah disampaikan oleh camat sebelum Assun Sani menjabat, pada akhir tahun 2016 akan berjalan. Namun kenyataannya hingga 2017 ini belum juga beroperasi.

"Kemaren Pak Camat pernah bilang, kalau akhir 2016 akan berjalan, tapi sampai sekarang belum ada tanda-tandanya," ujar Ali.

Beberapa wilayah di Kecamatan Teluk Bintan hingga saat ini masih mengandalkan sumur sebagai kebutuhan air bersih. Ironisnya, justru ibu kota Kecamatan yang warganya masih menggunakan sumur selama SPAM IKK belum beroperasi.

"Kita yang tinggal di daerah Kelurahan masih mengandalkan sumur, sementara warga yang tinggal di Kecamatan sudah ada yang menggunakan SPAM sendri," tungkas Ali.

Diketahui, SPAM IKK Teluk Bintan merupakan proyek yang dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2015 dan Tahun 2016. Pengerjaannya secara bertahap dibawah Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Editor: Yudha