Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Serapan Anggaran Minim, DPRD Minta Bupati Lingga Evaluasi Kinerja OPD
Oleh : Nur Jali
Jum'at | 09-06-2017 | 10:15 WIB
Kamarudin-ali-11.gif Honda-Batam
Wakil Ketua I DPRD Lingga, Kamarudin Ali. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Lingga - DPRD meminta Bupati Lingga, Alias Wello untuk mengevaluasi kinerja organisasi perangkat daerah (OPD). Pasalnya, serapan anggaran untuk realisasi pembangunan baru 13 persen sampai bulan Mei 2017.

Wakil Ketua I DPRD Lingga, Kamarudin Ali, mengatakan minimnya penyerapan anggaran akibat pencairan yang lamban. Padahal, bulan Juni ini, DPRD bersama Pemkab Lingga sudah mulai melakukan pembahasan APBD Perubahan.

"Ini sudah masuk pada APBD Perubahan, masa realisasi baru 13 persen," kesal dia, belum lama ini.

Jika hal ini dibiarkan, maka dikhawatirkan Pemerintahan Kabupaten Lingga tidak akan berjalan maksimal dan akan tersendat. "Bupati perlu melakukan evaluasi, ini penyebab lambannya pencairan di bagian keuangan," sebutnya.

Hal ini katanya Ali, juga akan merusak citra Kabupaten Lingga. Karena serapan APBD Lingga tidak berjalan secara maksimal.

"Kalau serapan anggaran tidak mencapai 75 persen, predikat WTP dari BPK mustahil didapat, dampaknya program untuk pembangunan juga tidak akan berjalan maksimal," ujarnya.

Selain itu, kata dia, banyak Kepala OPD yang tidak mampu bekerja secara maksimal. Sehingga hal ini harus segera dibenahi.

"Kita minta Bupati juga ganti Kepala OPD yang tidak bisa bekerja," ujar Wak Den, sapaan akrabnya.

Editor: Gokli