Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Baidu Pasarkan Mobil Otonom Mulai 2020
Oleh : Redaksi
Senin | 05-06-2017 | 11:14 WIB
mobil-otonom-baidu-01.gif Honda-Batam
Mobil otonom Baidu tengah di uji coba di jalanan terbatas di China. (Dok.Baidu)

BATAMTODAY.COM, Batam - Raksasa tekonologi asal negeri tirai bambu, Baidu mengaku siap menghadirkan mobil otonom mereka dalam kurun waktu tak lebih dari tiga tahun ke depan. Hal ini sekaan menjawab tantangan para perusahaan teknologi seperti Google dan Apple yang juga sedang menggarapnya.

Mengutip Reuters, Baidu Inc akan merilis teknologi mobil tanpa sopir pada bulan Juli. Baidu saat ini baru membuka teknologi mobil otonom di lingkungan terbatas.

Ini merupakan langkah Baidu sebelum memperkenalkan teknologi mobil tanpa sopir sepenuhnya. Baidu mengatakan, mereka akan memperkenalkan kemampuan mobil tanpa sopir sepenuhnya di jalan raya dan jalan kota terbuka mulai 2020.

Mobil tanpa sopir Baidu menggunakan teknologi mengemudi otonom "AutoBrain". Hal itu termasuk pemetaan HAD (highly automated driving) untuk merekam data jalan 3 dimensi dalam beberapa sentimeter akurasi posisi kendaraan.

Selain perusahaan teknologi, pabrikan mobil konvensional juga sudah banyak yang mulai berani membocorkan teknologi mobil tanpa sopir mereka. BMW baru-baru ini, juga mengatakan kalau mobil tanpa sopir mereka kemungkinan bisa dijual setelah tahun 2020.

Produsen Jerman lainnya, Audi juga sudah berani melakukan uji coba mobil tanpa sopir mereka di jalanan. Audi diperbolehkan mengetes mobil di jalanan New York.

Namun tawaran kecanggihan bbelum sepenuhnya membuat orang percaya diri berkendara menggunakan mobil tanpa sopir atau otonom di masa mendatang. Kekhawatiran adanya error dalam sistem kompurisasi dan hacker belum sepenuhnya membuat publik 100 percaya soal keamanan mobil otonom.

Sumber: CNNIndonesia
Editor: Gokli