Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gegara Anak Dibiarkan Main Korek Api, Rumah Alron di Sagulung Terbakar
Oleh : Yosri Nofriadi
Sabtu | 03-06-2017 | 16:26 WIB
Rumah-Alron-terbakar.gif Honda-Batam
Usai api berhasil dipadamkan oleh warga, mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi kejadian. Untuk lebih meyakinkan api sudah padam, mobil pemadam kebakaran terlihat menyemprotkan air ke atap rumah korban.(Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY. COM, Batam - Gara-gara anak ditinggal di rumah sendirian, rumah Arlon (45) di Perumahan Batam Riau Bertuah (BRB) Blok E no 22 terbakar, Sabtu (3/6/2017) sekitar  pukul 12.00 Wib. Beruntung, kobaran api yang sempat melalap isi kamar berhasil dipadamkan oleh warga, sehingga kebakaran tidak meluas ke seluruh bangunan rumah.

Dari informasi yang diperoleh di lokasi, kebakaran bermula saat seorang anak pemilik rumah, Tia (7) ditinggal sendirian oleh kedua orangtuanya. Ibu pergi ke pasar sedangkan Bapaknya pergi mencuci mobil.

"Memang selama ini, sudah sering orangtuanya meninggalkan anaknya itu di dalam rumah. Pintunya dikunci, mungkin biar tidak main ke mana-mana," ujar Nelfa warga perumahan BRB, Sabtu (3/6/2017).

Ternyata tanpa diketahui orangtuanya, Tia tengah bermain korek api di dalam kamar. Saat api dinyalakan, tiba-tiba api kecil dari korek tertiup kipas angin dan langsung menyambar kasur di rumah tersebut.

Tanpa diduga api malah membakar kursi. Kemudian percikannya menyambar atap rumah hingga akhirnya api melalap atap rumah hingga menimbulkan kebakaran.

Warga yang mengetahui rumah tetangganya terbakar, langsung berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Berkat kesigapan warga, akhirnya api yang melalap atap rumah bisa dipadamkan.

"Warga yang melihat asap banyak langsung membongkar jendela rumah, dan mengeluarkan anak itu yang terkurung di dalam kamar," ujarnya lagi.

Binsar, warga lainnya mengatakan, setelah Bapaknya pulang langsung membuka pintu tralis rumah tersebut. Setelah dilihat ke dalam, ternyata kasur di kamar nomor dua rumah tersebut sudah terbakar.

"Tadi anaknya cerita dia main korek api, tanpa sengaja membakar kasur di dalam kamar," ujarnya.

Binsar juga mengatakan, mereka langsung menghubungi Damkar. Tak lama Damkar datang apinya langsung dipadamkan. "Tadi lumayan juga hampir satu jam apinya baru bisa padam," kata Binsar.

Sementara itu, usai api berhasil dipadamkan oleh warga, mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi kejadian. Untuk lebih meyakinkan api sudah padam, mobil pemadam kebakaran terlihat menyemprotkan air ke atap rumah korban.

Editor: Udin