Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wapres Ma'ruf Amin Apresiasi Densus 88 Bekuk Terduga Teroris di Batu
Oleh : Redaksi
Sabtu | 03-08-2024 | 10:04 WIB
densus-88.jpg Honda-Batam
Densus 88 Antiteror Polri yang baru-baru ini telah meringkus seorang terduga teroris di Kota Batu, Jawa Timur. (Humas Polri)

BATAMTODAY.COM, Bandung - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin, menyampaikan apresiasinya atas langkah Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri yang baru-baru ini telah meringkus seorang terduga teroris di Kota Batu, Jawa Timur.

"Kita apresiasi pihak Densus yang bisa menangkap sebelum terjadinya ledakan. Kalau itu benar ya, itu [memang] harus diantisipasi sehingga tidak terjadi korban," ujar Wapres di Bandung, Jawa Barat, Kamis (1/8/2024).

Wapres menyebutkan, aksi terorisme di Tanah Air beberapa tahun terakhir sudah jarang terjadi. Menurutnya, hal ini karena upaya pencegahan yang dilakukan secara efektif. "Saya kira kita sudah lama tidak ada [aksi] terorisme itu kan? Kita harapkan pencegahan untuk terjadinya terorisme terus dilakukan," pintanya, demikian dikutip laman Humas Polri.

Wapres menegaskan bahwa aksi terorisme adalah tindakan melanggar hukum dan dilarang dalam ajaran agama, sehingga harus diberantas. "Dari Majelis Ulama Indonesia juga sudah ada fatwanya tentang terorisme. Oleh karena itu, kita harus terus menghapus atau menghilangkan terorisme," tegasnya.

Wapres kembali mengapresiasi upaya pencegahan dan penanggulangan terorisme di Indonesia oleh berbagai pihak, yang sudah sangat baik. "Kalau dulu itu selalu ada ledakan, ini sekarang tidak," tandasnya.

Adapun terduga teroris berinisial HOK ditangkap Densus di di Jalan Langsep, Kelurahan Sisir, Kota Batu, Rabu (31/7/2024) malan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, HOK telah merencanakan aksi bom bunuh diri di dua tempat ibadah di Kota Malang.

Editor: Gokli