Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rochmadi Curhat ke Anggota DPR RI di Polres Jaktim
Oleh : Irawan
Selasa | 30-05-2017 | 09:14 WIB
sidak-012.gif Honda-Batam
Anggota DPR RI, Fahri Hamzah dan Masinton Pasaribu memberikan keterangan seusai sidak di Mapolres Jaktim, Senin (29/5/2017). (Foto: Mandra Pradipta-TeropongSenayan)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Polres Metro Jakarta Timur. Dalam sidak tersebut, Fahri sempat mendengar curhat dari auditor utama BPK RI, Rochmadi Saptogiri, tersangka yang terkena OTT KPK dalam kasus pemberian opini WTP Kemendes dan PDTT.

"Dia (Rochmadi Saptogiri) merasa tidak tahu-menahu dengan uang yang dibawa itu dan itu rupanya hanya Rp40 juta," kata Fahri, seusai bertemu dengan Kapolres Jaktim, Kombes Pol Andry Wibowo bersama anggota Komisi III DPR RI, Masinton Pasaribu di Kantor Polres Jaktim, Senin (29/5/2017) petang.

Terkait uang sebesar Rp1 miliar di dalam brankas, sambung Fahri, itu masih ditutup amplop gaji dan tunjangan. "Bukan uang yang ada ikatan-ikatan, tetapi merupakan uang dikumpulkan sejak tahun 2001,".

"Tidak semua uangnya dibawa pulang ke rumah, saya tahu beliau orangnya sederhana, kebetulan dulu pernah kenalan," tambahnya.

Didesak apakah Rochmadi dikorbankan, Fahri mengaku belum tahu seluk beluk yang terjadi dengan kasus tersebut. "Ini masih belum jelas, masalahnya apa," kata Politisi PKS, itu.

Sebelum membeberkan hasil sidak, Fahri melakukan pertemuan terlebih dahulu dengan Kapolres Jakarta Timur, Kombes Pol Andry Wibowo sekitar 15 menit. Selanjutnya Fahri mendapat kesempatan menuju beberapa ruangan yang berada di Polres Jaktim.

"Di sini pusatnya pemantauan Pemilu kemarin, pak," ujar Andry, sembari menunjuk ruangan staf Biro Operasional di kantornya, Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur.

Lebih jauh Fahri membeberkan hasil sidak tersebut, bahkan memuji situasi dan kondisi para tahanan di Polres Jaktim.

"Secara umum semuanya (para tahanan Polres Metro Jaktim) tenang, semua segar mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh juga karena suasana tersebut," kata dia.

Legislator dari Dapil Nusa Tenggara Barat (NTB) ini menuturkan, Kapolres dengan para warga tahanan juga sangat akrab.

"Sangat baik, semuanya senang, tertawa dan gembira dalam suasana puasa mereka juga banyak yang beribadah suasana bagus sekali," jelasnya.

Editor: Surya