Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hindari Jatuhnya Korban Saat Banjir Mengancam

Malaysia Luncurkan Website Infobanjir
Oleh : MG
Kamis | 03-11-2011 | 13:42 WIB
Website.bmp Honda-Batam

Tampilan laman infobanjir.gov.my, situs ini cukup unik, dihubungkan dengan alat canggih yang terpasang di masing-masing Sungai, sehingga dapat melihat batas ketinggian air dalam rangka memprediksi bencana banjir. Foto:batamtoday

MALAKA, batamtoday - Dalam beberapa bulanb kedepan, curah hujan yang terjadi di hampir seluruh wilayah Malaysia diperkirakan cukup tinggi. Ancaman bencana banjir menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah setempat.

 

Berdasarkan kondisi tersebut, pemerintah Malaysia melalui Departemen Sumber Daya Alam dan Irigasi menerbitkan satu halaman website khusus yang memberikan informasi lengkap seputar ancaman banjir. 

"Halaman website informasi banjir ini bahkan telah dihubungkan ke akun Facebook dan Twitter,"tulis berita harian seperti dikutip batamtoday, Kamis(03/11/2011).

Peringatan dini atas bencana banjir dapat diakses lansung oleh seluruh warga Malaysia hanya dengan membuka situs www.infobanjir.gov.my. Dalam situs resmi tersebut, pemerintah menyediakan informasi ketinggian air diseluruh sungai yang ada di Negeri Jiran itu, lengkap dengan panduan ketinggian air normal, ketinggian waspada hingga pada level berbahaya.

"Sehingga masyarakat mendapatkan info terkini terkait ancaman bajir dimasing-masing wilayah mereka, dan berebekal informasi dini tersebut, masyarakat Malaysia dapat mengetahui banjir didaerahnya sebelum bencana itu benar-benar terjadi,"  ujar Menteri Sumber Daya Alam dan Irigasi, Tan Sri Joseph Kurup.