Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kuatkan Dugaan Penyunatan Anggaran

Ini Pengakuan Mengejutkan Fasilitator Program Bedah Rumah Tanjunguban Timur
Oleh : Harjo
Sabtu | 27-05-2017 | 15:50 WIB
Rumah-Mashudi-di-Bintan1.gif Honda-Batam
Rumah milik Mashudi yang masuk dalam program bedah rumah dari Kementerian Perumahan Rakyat (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - La Indra, fasilitator program bedah rumah Kementerian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), mengakui adanya perbedaan harga material bangunan dengan harga yang tertera pada nota yang dikeluarkan toko Jihad Jaya.

Ia menjelaskan, harga yang dikeluarkan oleh toko, sesuai dengan Standar Satuan Harga (SSH) yang ditetapkan oleh Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Bintan.

Dijelaskan, sebelum pihak toko menyuplai material bahan bamgunan ke lokasi rumah yang masuk dalam program bedah rumah telah dilakukan lelang atau ditunjuk Dinas Perkim.

"Untuk mengetahui harga material bangunan sesuai harga SSH yang dikeluarkan oleh Dinas Perkim. Silahkan datang ke kantor Perkim, karena fasilitator program hanya menjalankan kerja di lapangan," katanya.

La Indra menyampaikan, program bantuan bedah rumah yang ditanganinya di tiga kelurahan di Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan, ada sebanyak 50 rumah dengan ukuran rumah sebesar 6x6 meter.

Ke-50 rumah tersebut tersebar di kelurahan, yakni Tanjunguban Kota, Tanjunguban Timur dan Selatan, dengan waktu kerja selama 60 hari.

Sebelumnya, sejumlah warga kurang mampu yang mendapatkan bantuan bedah rumah dari Kementerian Perumahan Rakyat kecewa karena anggaran bedah rumah justru diduga disunat oleh pihak pengelolanya.

Hal ini, dialami oleh Mashudi, warga Kampung Sukadamai, Kelurahan Tanjunguban Timur, Kecamatan Bintan Utara.

"Kita sangat bersyurkur dapat bantuan Pusat, tetapi kita kecewa setelah mengetahui kalau harga barang yang diorder justru dipermaikan. Karena harga barang yang sebenarnya dengan yang tertera nota pembayaran sangat jauh berbeda," ungkap Mashudi kepada BATAMTODAY.COM di Tanjunguban, Jumat (26/5/2017).

Editor: Yudha