Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Cara Meningkatkan Toleransi Antar Umat Beragama Ala Polresta Barelang
Oleh : Romi Chandra
Sabtu | 27-05-2017 | 13:14 WIB
pelayanan-sim11.gif Honda-Batam
Kanit Regident Satlantas Polresta Barelang, Iptu Riki F Mubarok (berdiri), tengah mengamati anggotanya melayani permohonan pembuatan SIM. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Petugas Satpas 920 Sat Lantas Polresta Barelang, yang bertugas dalam pelayanan permohonan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) mengenakan peci selama Bulan Ramadhan bertujuan meningkatkan tolerasi antar umat beragama.

Kapolresta Barelang, AKBP Hengki, mengatakan, hal ini dilakukan juga untuk mengajarkan pada anggota agar bisa lebih mendekatkan diri pada Tuhan.

"Ini bulan puasa, dan sebagai pelayan masyarakat juga harus meningkatkan cara pelayanan. Tentunya, dengan mengenakan peci, keramahtamahan petugas akan lebih bisa ditingkatkan. Begitu juga akan mengingatkan para pemohon untuk saling menghargai meski berbeda agama," ungkap Hengki, Sabtu (27/5/2017).

Sementara Kanit Regident Satlantas Polresta Barelang, Iptu Riki F Mubarok, mengatakan, dengan masing-masing diri menyadari toleransi antar umat beragama, tentu akan timbul saling menghargai.

"Para pemohon tentu tidak semuanya muslim. Namun juga dari agama yang berbeda. Dengan melihat petugas mengenakan peci, tentu akan mengingatkan mereka yang tidak beragama Islam bahwa saat ini bulan sucinya umat Islam. Otomatis, rasa menghargai atau menghormati akan muncul," jelasnya.

Disamping itu, bagi anggota sendiri, tidak ada alasan untuk tidak memberikan pelayanan yang terbaik pada pemohon, baik saat berpuasa maupun tidak berpuasa.

"Dampaknya posotifnya akan dirasakan semua pihak, baik bagi petugas sendiri, maupun untuk para pemohon. Semoga keharmonisan antar umat beragama bisa terus tercipta, sehingga keamanan bisa selalu dijaga untuk Batam secara khusus," pungkas Riki.

Editor: Yudha