Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Empat Pesawat Tujuan Batam Mutar-mutar di Udara akibat Cuaca Buruk
Oleh : Hadli
Jum\'at | 26-05-2017 | 15:50 WIB
tiger-air11.gif Honda-Batam
Maskapai Penerbangan Tiger Air tujuan Singapura sempat mendarat di Hang Nadim Batam akibat cuaca buruk beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Akibat cuaca buruk, empat pesawat tidak dapat melakukan pendaratan di Bandara Hang Nadim Batam pada Jumat (26/5/2017) siang.

Pesawat yang membawa ratusan penumpang tersebut hanya mutar-mutar di udara karena jarak pandang yang sangat terbatas hanya 200 meter.

"Jarak pandang hanya 200 meter sehingga sejumlah pesawat tidak bisa mendarat. Empat pesawat masih putar-putar belum bisa mendarat," kata General Manager Operasional Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso.

Berdasarkan data yang terlihat di Bandara Hang Nadim Batam, pesawat yang belum bisa mendarat pada pukul 14.10 WIB adalah Lion Air JT-275 dari Semarang tujuan Batam yang seharusnya mendarat pukul 13.50 WIB. Selanjutnya Citilink QG-843 dari Soekarno Hatta Jakarta yang seharusnya mendarat pukul 13.45 WIB. Selain itu pesawat Citilink QG-923 dari Surabaya yang sedianya mendarat pukul 13.53 WIB serta Lion dari Bandung JT951 terpaksa mendarat di Pekanbaru pukul 14.10 WIB.

"Pilot menunggu cuaca membaik untuk mendarat di Hang Nadim. Untuk yang hendak terbang belum terganggu cuaca," kata dia.

Hujan dengan intensitas tinggi mulai turun di Batam mulai pukul 12.20 WIB yang disertai angin kencang. Hingga saat ini hujan masih turun dengan deras sehingga terlihat seperti kabut tebal. "Mudah-mudahan cuaca segera membaik agar operasional Hang Nadim Batam bisa kembali normal," kata Suwarso.

Hang Nadim Batam memiliki landas pacu hingga 4,025 kilometer dan dilengkapi dengan Instrument Landing System (ILS) sebagai panduan bagi pilot untuk mendaratkan pesawat saat cuaca buruk. "Tapi semua keputusan ada ditangan pilot. Biasanya memang menunggu jarak pandang membaik baru mau mendaratkan pesawat," kata dia.

Editor: Yudha