Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terutama Kepala Daerah

Mendagri Minta Semua Pihak Tingkatkan Deteksi Dini Melawan Terorisme
Oleh : Redaksi
Kamis | 25-05-2017 | 15:14 WIB
Tjahjo_Kumolo2.jpg Honda-Batam
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) meminta semua pihak terutama kepala daerah untuk meningkatkan kewaspadaannya. Hal ini menyikapi ledakan di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, tadi malam.

"Mari kita tingkatkan deteksi dini, terutama kepala daerah. Indonesia tidak boleh kalah terhadap radikalisme dan terorisme," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melalui pesan pendek, Kamis (25/5/2017).

Menurut dia, kejadian ini menjelaskan bila musuh bangsa adalah teroris, golongan radikal, dan ekstrimis. Semua pihak pun harus bersatu melawannya.

Kementerian Dalam Negeri pun menyampaikan duka mendalam kepada keluarga tiga korban anggota Polri. Tjahjo berharap, pelaku segera terungkap.

"Kami optimis kepolisian akan mampu mengungkap siapa yang harus bertanggung jawab," kata dia.

Dia menilai, polisi harus menelusuri motif dan jaringan pelaku. Dengan begitu, serangan serupa tak berlanjut dan meresahkan masyarakat.

Dua ledakan mengguncang Terminal Kampung Melayu, Rabu (24/5/2017) malam . Tiga polisi gugur dalam ledakan yang diduga berasal dari bom bunuh diri.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul menduga, serangan memang sengaja ditujukan kepada pihaknya. Pasalnya, saat kejadian, puluhan polisi sedang mengamankan pawai obor.

Ledakan tersebut menyebabkan 10 orang luka-luka dan tengah dirawat intensif. Selain itu, dua orang diduga pelaku tewas.

Editor: Surya