Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Karena Banyak Kejadian Aneh, Dewan Sarankan Pemko Pasang CCTV di Laman Bunda
Oleh : Habibie Khasim
Jum\'at | 12-05-2017 | 19:26 WIB
Taman-Laman-Bunda-400x192.gif Honda-Batam
Dewan sarankan dipasang CCTV di Laman Bunda Tanjungpinang (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Belum lama ini, masyarakat Kota Tanjungpinang dikejutkan dengan kejadian pencabulan yang dilakukan oleh seorang juru parkir kepada anak pedagang asongan yang masih di bawah umur.

Parahnya, kegiatan bejat tersebut dilakukan di Laman Bunda Tanjungpinang. Untuk itu, Wakil Ketua I DPRD Kota Tanjungpinang, Ade Angga, menyarankan taman dan gedung kebanggaan masyarakat Tanjungpinang tersebut dipasang Closed Circuit Television (CCTV).

"Saran ini sudah disampaikan sejak tahun lalu, hanya saja hingga kini Pemko Tanjungpinang belum mengalokasikan anggaran untuk penyediaan CCTV tersebut," ujar Ade saat diwawancarai, Jumat (12/5/2017).

Menurutnya, anggaran untuk pemasangan seluruh sudut CCTV tidak terlalu banyak, mungkin hanya kisaran Rp200 juta. Bila anggaran ini dinilai besar, jalan ke luar yang bisa diambil oleh Pemko Tanjungpinang, kata Ade, meminta bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) beberapa perusahaan swasta yang ada di Tanjungpinang.

"Menurut saya, beberapa perusahaan akan bersedia membantu pemasangan ini. Hanya tinggal komunikasi saja," ucapnya.

Ia mengatakan, ini merupakan salah satu cara untuk memudahkan Pemko Tanjungpinang melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan pengawasan. Karena tidak semua orang dapat intens mengawasi kawasan tersebut.

"Kalau dengan CCTV, hanya tinggal operator saja yang bergantian jaga. Kerja juga agak ringan tentunya," kata Ade.

Mengenai kabar adanya tindakan pencabulan di kawasan tersebut, Ade mengaku sangat menyayangkan hal itu terjadi. Menurut Ade, hal itu mungkin saja tidak terjadi jika ada CCTV, hanya saja dengan pengawasan operator yang sangat intens, tentu besar kemungkinan dapat dilakukan pencegahan.

"Dengan adanya CVTV tersebut jika ada tindakan yang mencurigakan bisa langsung segera didatangi oleh petugas," katanya.

Ade juga menyinggung masalah lampu penerangan di kawasan Laman Bunda yang masih minim. Ini, kata dia, sangatlah berbahaya jika dibiarkan. Untuk itu, dia minta OPD terkait untuk segera mencari jalan ke luar bagaimana kawasan Laman Bunda lebih terang dari sekarang ini.

Editor: Udin