Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nelson Sitorus Pimpin IHGMA Chapter Kepri
Oleh : Suci Ramadhani
Senin | 08-05-2017 | 09:02 WIB
kumpulangmbatam.jpg Honda-Batam

Inilah sebagian GM Hotel di Kepri yang telah berhimpun di IHGMA Kepri. (Foto: Suci Ramadhani)

BATAMTODAY.COM, Batam - Para General Manager (GM) Hotel di Batam telah resmi berhimpun di dalam IHGMA (Indonesian Hotel General Manager Association) Kepri, setelah dibentuk dan dikukuhkan di Hotel Best Western Panbil, Mukakuning Batam, Sabtu (6/5/2017).

IHGMA Chapter Kepri diketuai Nelson Sitorus, dan Tanti Arini sebagai Wakil Ketua. Sementara Sinar Siswati terpilih sebagai Sekretaris dan Cucun Juarta sebagai Bendahara.

Dalam sambutannya, Ketua DPP IHGMA, Reza Sunardi, menjelaskan, pembentukan IHGMA adalah untuk membantu pemerintah, khususnya bidang pariwisata. GM hotel Kepri juga, katanya, akan bekerja sama dengan beberapa kampus yang memiliki jurusan pariwisata atau perhotelan.

"IHGMA ini akan membantu pemerintah dalam mengembangkan industri pariwisata yang ada di Kepri. Tidak hanya hanya sampai disitu kami juga mengembangkan sumber daya manusianya," kata Ketua DPP IHGMA, Reza Sunardi.

Potensi pariwisata di Kepri sangatlah baik, karena melihat jalur strategis yang dimiliki berdekatan dengan negara tetangga yang ada di sekelilingnya. Dengan berkumpulnya general manager menjadi satu ikatan membuat sesama general manager akan bekerja sama untuk membangun industri pariwisata terutama dalam bidang hotel.

"IHGMA Kepri akan membantu pemerintah dalam mengembangkan sektor pariwisata, sehingga perlu yang namanya pelatihan dan pengukuhan," tambah Nelson Sitorus, Ketua IHGMA Kepri.

Banyak hal yang akan dilakukan oleh IHGMA Kepri, diantarnya mengembangkan SDM dalam bidang perhotelan, agar seluruh pekerja yang ada di hotel dapat bekerja dengan profesional sesuai standarisasinya.

"Para GM yang tergabung dalam IHGMA ini ke depan akan dapat mengajar mahasiswa yang mengambil jurusan pariwisata, karena mereka butuh dosen yang memang sudah berpengalaman dalam bidang industri perhotelan inilah yang disebut dengan vokasional dosen yang baru saja akan dimulai," ungkap Reza.

IHGMA secara nasional sudah terbentuk selama satu tahun, tepatnya pada 20 April 2016 lalu, di hotel Inna Grand Bali Beach Hotel Sanur, dan hingga kini sudah ada 49 DPC (Dewan Perwakilan Cabang) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam jangka pendek IHGMA bertekad akan mensukseskan target pemerintah dalam program mendatangkan 20 juta wisatawan manca negara dalam lima tahun ke depan. Dan mengembangkan keunikan parawisata di setiap daerah masing-masing.

"Perlu saling bertukar pandangan, mereka yang datang ke Kepri karena alasan apa, dan apa yang menarik dari Kepri harus kita tahu. Agar ada pembeda dari daerah satu dengan daerah yang lain," pungkasnya Reza.

Editor: Dardani