Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diamankan Petugas BC Batam

Karyawan Rbox Selundupkan 50 Ponsel Lewat Bandara Hang Nadim
Oleh : Romi Candra
Kamis | 04-05-2017 | 08:12 WIB
yspenyelunduphp.jpg Honda-Batam

Inilah YS, karyawan Rbox setelah ditangkap petugas bea cukai karena menyelundupkan 50 ponsel di Bandara Hang Nadim Batam. (Foto: Romi Candra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Seorang pria berinisial YS (24), diamankan petugas Bea dan Cukai Batam di Bandara Hang Nadim Batam. Ia, dibekuk karena berusaha menyelundupkan sebanyak 50 unit ponsel keluar Batam, Rabu (3/5/2017) sore, sekitar pukul 16.55 WIB.

Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi (Kabid BKLI) Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (KPU BC) Tipe B Batam, Raden Evy Suhartantyo mengatakan, pihaknya sudah lama mengintai aksi penyelundupan tersebut.

"Kami sudah lama mengintai dan sebelumnya berhasil lolos. Kali ini, berhasil kita amankan, karena pengintaian dilakukan sejak siang. Modusnya mereka sering bermain sore," ungkap Evy.

Dari pemeriksaan yang dilakukan, lanjutnya, penyelundup yang merupakan karyawan salah satu konter ponsel di Batam bernama Rbox. Puluhan unit hp itu, rencananya akan dibawa ke Surabaya.

"Saat diperiksa, puluhan unit hp itu tidak memiliki dokumen keluar dari kawasan kepabeanan. Saat ini pelaku dan barang bukti hp yang diselundupkan sudah disita," jelasnya.

Dilanjutkan Evy, YS, dalam hal ini berperan sebagai kurir yang diperintahkan bosnya untuk mengantarkan ponsel tersebut. "Kita masih dalami dan kembangkan siapa saja yang terlibat dalam penyelundupan ini," pungkasnya.

Editor: Dardani