Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diumumkan Masing-masing Sekolah

Disdik Kepri Belum Tahu Rekapitulasi ‎Hasil UNBK SMA dan SMK Sederajat di Kepri 2017
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 02-05-2017 | 16:38 WIB
Atmadinadata-400x192.gif Honda-Batam

Ketua pelaksana UNBK SMA/SMK Dinas Pendidikan Kepri, Atmadinata (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Selaku penanggung jawab dan pelaksana pendidikan dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA/SMK sederajat di Kepri, hingga siang ini, Dinas Pendidikan Provinsi Kepri mengaku belum memperoleh rekapitulasi hasil Ujian Nasional (UN) dari 12.482 siswa/siswi SMA/SMK sederajat di Provinsi Kepri ini.

Ketua pelaksana UNBK SMA/SMK Dinas Pendidikan Kepri, Atmadinata mengatakan, belum diketahuinya jumlah rekapitulasi hasil UNBK siswa dan siswi SMA/SMK di Provinsi Kepri itu disebabkan pihak sekolah dan Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota belum mengirimkan akumulasi hasil nilai siswa dan siswinya.

"Pengumuman kelulusan UNBK untuk SMA/SMK benar akan dilaksanakan hari ini, Selasa (2/5/2017). Tapi untuk hasil rekapitulasi nilai kelulusan, kami belum memperolehnya, karena masing-masing sekolah masih sedang rapat," ujar Atmadinadata pada BATAMTODAY.COM, Selasa (2/5/2017).

Sebelumnya, tambah Atma, telah ditetapkan, pengumuman siswa lulus UNBK tingkat SMA/SMK, akan dilaksanakan masing-masing sekolah pada pukul 17.00 Wib, Selasa (2/5/2017).

Namun karena persyaratan kelulusan tidak lagi berdasarkan nilai UN dan berdasarkan akumulasi nilai sekolah, maka hingga pelaksanaan pengumuman, diputusakan dan dilaksanakan oleh pihak sekolah.

"Sistem dan tata cara pengumuma kelulusan tahun ini, dilaksanakan sama seperti biasa, melalui papan pengumuman, pemberiaan pengumuman melalui amplop kepada anak atau diumumkan melalui Website sekolah masing-masing," ujarnya.

Namun, karena Dinas Pendidikan Provinsi sendiri belum memperoleh rekavitulasi kelululusan dari sekolah dan Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota di Kepri, maka hingga saat ini Dinas Pendidikan Provinsi Kepri belum mengetahui persentase jumlah kelulusan siswa, nilai tertinggi dan bahakan nilai terendah dari pelaksanaan UNBK 2017, terhadap siswa dan siswi SMA dan SMK di Kepri ini.

Di tempat terpisah, Kepala Seksi Pendidikan SMA dan SMK Provinsi Kepri, Juritno, juga mengatakan, pelaksanaan pengumuman siswa dan siswi SMA/SMK sederajat di Kepri akan dilangsungkan hari ini, Selasa (2/5/2017).

"Pengumuman akan dilakukan di masing-masing sekolah pukul lima sore nanti," kata Juritno.

Dijelaskannya, saat ini Ujian Nasional (UN) tidak lagi menjadi syarat penentu kelulusan siswa. Kelulusan tersebut ditentukan oleh masing-masing sekolah melalui, Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN).

Oleh karena itu, lanjut Juritno, pihaknya saat ini belum bisa membeberkan persentase kelulusan siswa SMA se-Kepri, sebelum ada laporan dari masing-masing sekolah.

"Saat ini kami belum punya data rinci kelulusan. Karena, yang menentukan lulus atau tidak kan sekolah. Sedangkan masing-masing sekolah belum melaporkan ke kami. Yang pasti hari ini harus dilaporkan, apakah sesudah pengumuman atau sesudah rapat sekolah mereka laporkan," terang Juritno.

Editor: Udin