Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kelulusan SMA-SMK di Kepri Diumunkan Sore Ini
Oleh : Ismail
Selasa | 02-05-2017 | 11:14 WIB
lulus.gif Honda-Batam

Ilustrasi pengumuman kelulusan. (Foto: Antara/Rahmad)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Bersempena peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), 2 Mei 2017, akan dilangsungkan pengumuman kelulusan siswa SMA/SMK sederajat se-Kepri.

"Hari ini, Selasa (2/5/2017), pengumuman kelulusan SMA/SMK/sederajat. Pengumuman akan dilakukan di masing-masing sekolah pukul lima sore nanti," kata Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan SMA Dinas Pendidikan Kepri, Juritno.

Dijelaskannya, saat ini Ujian Nasional (UN) tidak lagi menjadi syarat penentu kelulusan siswa. Kelulusan tersebut ditentukan oleh masing-masing sekolah melalui Ujian Sekolah (UAS) dan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN).

Oleh karena itu, lanjut Juritno, pihaknya saat ini belum bisa membeberkan persentase kelulusan siswa SMA se-Kepri sebelum ada laporan dari masing-masing sekolah.

"Saat ini kami belum punya data rinci kelulusan. Karena, yang menentukan lulus atau tidak kan sekolah. Masing-masing sekolah belum melaporkan ke kami. Yang pasti hari ini harus dilaporkan, apakah sesudah pengumuman atau sesudah rapat sekolah mereka laporkan," terang Juritno.

Pada Senin (10/4/2017) lalu, sebanyak 12.482 siswa SMA/sederajat se-Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan Ujian Nasional (UN). Pelaksanaan UN digelar selama empat hari, yakni 10-13 April.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri, Atmadinata mengungkapkan, sejumlah siswa yang mengikuti UN tersebut berasal dari 148 SMA se-Kepri. Namun, sekolah yang sudah menerapkan Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK) hanya 35 sekolah. Sisanya, masih menggunakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Editor: Gokli