Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dadang Targetkan Tahun Depan SMP sederajat Dapat Bantuan Komputer untuk UNBK
Oleh : Habibie Khasim
Kamis | 27-04-2017 | 18:50 WIB
Huzaifa-Dadang-Abdul-Gani-400x192-2742017.gif Honda-Batam

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Huzaifa Dadang Abdul Gani (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau, yaitu Tanjungpinang, yang masih menumpang di sekolah-sekolah yang representatif laboratorium komputernya, bukan dilaksanakan di gedung SMP, melainkan ke Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK) di Tanjungpinang.

Pasalnya, ketersediaan komputer di SMP yang ada di Tanjungpinang, khususnya sekolah negeri, belum memadai. Akan tetapi, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Huzaifa Dadang Abdul Gani menargetkan, tahun 2018 UNBK tingkat SMP akan diadakan di sekolah masing-masing.

Target tersebut dikatakan Dadang akan tercapai jika memang Pemerintah Pusat membantu pengadaan komputer. Dia mengaku bahwa sudah ada signal dari Direktorat Pendidikan Dasar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bahwa tahun depan akan ada bantuan komputer untuk Tanjungpinang.

"Tahun ini kita menyikapi aturan UNBK dengan menumpang. Namun, tahun depan Insya Allah akan ada bantuan komputer. Pak Dirjen sudah bilang sama saya, untuk sekolah yang telah berani melakukan UNBK akan mendapatkan bantuan komputer," tutur Dadang saat diwawancarai, Kamis (27/4/2017).

Dadang mengatakan, mendapatkan signal seperti itu, maka Disdik Tanjungpinang langsung mengajukan bantuan pada tahun ini dengan harapan, tahun depan bantuan komputer tersebut dapat terealisasi.

"Kita akan mengajukan tahun ini. Mudah-mudahan benar, akan ada bantuan tersebut ke Tanjungpinang. Jadi, tahun depan kita tidak menumpang lagi untuk ujian," tutur Dadang.

Selanjutnya, Dadang mengimbau kepada siswa, meskipun menumpang, harus tetap percaya diri dalam melakukan ujian. Pasalnya, target Pemko Tanjungpinang, nilai siswa dapat meningkat dari tahun sebelumnya.

"Seperti tahun sebelumnya, yang mendapatkan nilai terbaik akan kita berikan reward. Jadi, kita harapkan anak bisa percaya diri, berlatih dan belajar, agar mendapatkan nilai yang lebih baik dari tahun sebelumnya," tutur Dadang.

Ujian sendiri akan dilakukan pada tanggal 2,3,4 dan 8 Mei 2017 mendatang. Ujian sendiri akan dibagi 3 sesi, pada pukul 7.30 Wib, pukul 10.00 Wib dan Pukul 12.00 Wib.

Editor: Udin