Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Buah-buahan di Tanjunguban Relatif Stabil
Oleh : CR-15
Kamis | 27-04-2017 | 14:38 WIB
toko-buah1.jpg Honda-Batam

Toko buah di Tanjunguban. Harga buah-buahan relatif stabil. (Foto: CR-15)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Harga buah-buahan di Tanjunguban, Bintan saat ini masih relatif stabil walaupun pasokan sebagian buah agak sulit.

Adi (27), salah satu pemilik toko buah di Tanjunguban mengungkapkan, harga buah yang dipasok dari Medan sedang naik. Hal ini mungkin di pengaruhi oleh aktifitas Gunung Sinabung di daerah Karo yang sedang aktif.

"Kalau buah jeruk, pisang, dan jambu biasanya kita pasok dari Medan. Sementara buah naga, salak dan melon kita pasok dari Jawa," jelasnya kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (27/4/2017).

Ia mengungkapkan, harga buah-buahan yang sedang naik antara lain buah jeruk, buah naga, dan jambu. "Harga buah jeruk dari pemasoknya naik, karena stok buah jeruk sekarang sedang menipis," ungkapnya.

Harga buah jeruk ukuran kecil yang biasanya Rp16 ribu-Rp17 ribu per kilogram naik menjadi Rp18 ribu per kilogram. "Kalau buah naga tetap dijual dengan harga Rp35 ribu per kilogram, tapi untungnya lebih sedikit," ujarnya.

Selain itu, Ia mengaku harga buah semangka dari pemasok sedang turun karena stoknya sedang melimpah. "Harga semangka memang turun tapi kalau musim hujan penjualannya sedikit lambat, dan buahnya cepat membusuk karena suhu yang lembab," ungkap Adi.

Sementara untuk buah-buahan import seperti buah anggur, apel serta pir, harganya tidak mengalami kenaikan maupun penurunan atau masih stabil.

Editor: Yudha