Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemko Tanjungpinang Raih Peringkat 3 Perencanaan Pembangunan Terbaik Nasional
Oleh : Habibie Khasim
Rabu | 26-04-2017 | 19:14 WIB
Lis-terima-penghargaan-400x192.gif Honda-Batam

Piala APN diserahkan langsung oleh Mentri PPN/Bappenas Bambang Brojo Negoro kepada Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (26/4/2017) (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pemerintah Kota Tanjungpinang lagi-lagi berhasil mendapatkan penghargaan di tingkat nasional. Setelah melalui berbagai seleksi, Kota Tanjungpinang akhirnya terpilih sebagai kota terbaik ketiga dan menerima piala Anugerah Pangripta Nusantara (APN) 2017.

Pemko Tanjungpinang berada di bawah Kota Batu Provinsi Jawa Timur sebagai peringkat pertama dan Kota Pekalongan Provinsi Jawa Tengah di peringkat kedua.

Kota Tanjungpinang merupakan kota dengan perencanaan terbaik pertama di luar Jawa. Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, langsung menerima penghargaan yang disebut sebut bergengsi tersebut.
Piala APN diserahkan langsung oleh Mentri PPN/Bappenas Bambang Brojo Negoro kepada Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Menurut Lis, untuk mencapai penghargaan ini, Pemko Tanjungpinang mengikuti 4 tahapan penilaian. Mulai dari kesesuaian rencana kerja pemerintah daerah, visi misi hingga inovasi perencanaan pokok dan indikator perencanaan pokok.

"Dari penilaian itu, pemerintah kota dianggap sudah melakukan on the track. Dengan usaha yang keras, akhirnya kita menjadi kota pertama terbaik di luar Jawa," tutur Lis saat dihubungi, Rabu (26/4/2017)

Ada berbagai macam nominasi dalam anugerah yang diadakan oleh Bappenas tersebut. Setiap Provinsi memang diwakili oleh satu daerah dan yang mewakili Pemprov Kepri adalah Kota Tanjungpinang.

Lis di sela-sela penerimaan piala APN menyampaikan rasa syukur dan bahagia terhadap apa yang sudah diraih Pemerintah Kota Tanjungpinang. Sehingga Tanjungpinang terbilang di tingkat nasional, terutama dalam hal perencanaan pembangunan daerah.

Hal ini juga menunjukkan keseriusan Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam menata dan membangun Tanjungpinang. Selain itu juga menurut Lis sebagai motivasi untuk terus berbuat yang terbaik dan berinovasi.

"Meskipun kita belum mampu menata pembangunan secara menyeluruh, namun kita sudah menunjukkan hasil yang menggembirakan, keberhasilan ini juga tidak terlepas dari RPJMD, LAKIP, dan proses RKPD serta Renja APBD yang sudah seirama," tutur Lis.

Ditambahkan Lis, penghargaan bukanlah menjadi tujuan utama yang dicari, akan tetapi, menunjukkan hasil kerja yang sudah diperbuat selama ini untuk Tanjungpinang.

"Tinggal sekarang bagaimana kita bisa melakukan sinergisitas antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah,” ujar Lis.

Sementara itu kepala Bapelitbang Tanjungpinang, Surjadi mengatakan, keberhasilan ini merupakan keberhasilan Pemerintah Kota Tanjungpinang selama kepemimpinan Lis dan Syahrul.

"APN 2017 merupakan APN perdana untuk Kota Tanjungpinang. Hal tersebut juga sebagai gambaran bahwa perencanaan di hulu sudah benar dan ke depannya perencanaan pembangunan di Kota Tanjungpinang harus kita maksimalkan kembali,"ujar Surjadi.

Editor: Udin