Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kerahkan 3 Patkamala dan 2 Pesawat

Lantamal IV Tanjungpinang Buru Kapal China yang Kabur
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 22-04-2017 | 12:26 WIB
kapal-kabur-01.gif Honda-Batam

Kapal Chuang Ho 68 berbendera China yang berhasil kabur setelah sempat ditangkap Tim WFQR Lanal Tarempa. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Lantamal IV Tanjungpinang menurunkan 3 kapal patroli keamanan laut (Patkamla) dan 2 pesawat patroli fix wings maritim dalam pencarian Kapal Chuang Ho 68 yang berbendera China berserta 100 ton besi dan tembaga campuran di bawah laut perairan sekitar 45 mil dari sebelah barat Pos Angkatan Laut Letung, Kecamatan Jemaja Kabupaten Anambas.

"Kita sudah kerahkan 3 Patkamla dan 2 Pesawat yang seluruhnya personel berjumlah 73 orang," ujar Kadispen Lantamal IV Tanjungpinang, Mayor Laut KH Josdi Damopoli, Sabtu (22/4/2017).

Sampai saat ini, pihaknya masih terus melakukan pencarian kapal ‎berbendera China tersebut baik dari atas udara maupun melalui jalur laut.

"Diduga kapal itu telah masuk ke Perairan Malaysia," kata Josdi.

Menurutnya, kaburnya kapal China itu karena kurangnya personil yang pada saat itu melakukan pengamanan dengan jumlah crew kapal yang sangat banyak berjumlah 20 orang.

"Karena anggota kita pada malam itu hanya ada 3 orang namun yang harus dijaga ada sebanyak 20 orang,"ucapnya.

Sebelumnya diberitakan Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lanmtamal IV Tanjungpinang Mayor Laut KH Josdi Damopoli membenarkan kejadian kaburnya kapal tersebut.

Kapal berbendera itu kabur dengan membawa seluruh barang bukti yang sebelumnya telah diamankan. Kaburnya kapal itu terjadi pada malam itu juga.

Editor: Yudha