Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bazar MTQ Tanjungpinang Raup Untung Rp85 Juta
Oleh : Habibi Khasim
Sabtu | 22-04-2017 | 10:26 WIB
tanjak-01.gif Honda-Batam

Tanjak, salah satu produk unggulan di bazar MTQ Tanjungpinang.(Foto: Habibi Khasim)

 

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Bazar Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) berhasil memperoleh keuntungan sekitar Rp85 juta sejak dibuka Minggu (17/4/2017).

 

Ketua Panitia MTQ Tanjungpinang, Riono menyampaikan pendapatan positif tersebut merupakan contoh kecil bahwa UMKM di Tanjungpinang sangat berpotensi besar. Pasalnya, hanya 6 hari kerja, seluruh stand yang berjumlah 46 stand, memperoleh pendapatan hingga puluhan juta rupiah.

"Ini bukti bahwa produk UMKM kita berkualitas dan digemari oleh masyarakat. Makanya, hal ini harus dikembangkan terus menerus, bukan hanya ada di acara seperti ini saja," tutur Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang tersebut saat menyampaikan laporannya pada penutupan MTQ Tanjungpinang, Jumat (21/4/2017) malam.

Dalam laporannya, Riono mengatakan stand bazar pada kegiatan tersebut sekitar 46 stand dan puluhan pedagang kaki lima. Pendapatan tersebut menurut Riono sebagian besar dari hasil penjualan produk UMKM.

"Kemudian ditambah dengan pembukaan tabungan haji dan beberapa penjualan produk perbankan," tutur Riono.

Sementara itu, Ketua panitia stand bazar, Chandra Yani mengatakan, produk yang paling diminati masyarakat adalah kerajinan tangan dan makanan ringan khas UMKM dari Tanjungpinang.

"Kemudian yang juga paling banyak digemari dan menjadi trend baru saat ini adalah tanjak. Penjualan tanjak dan antusiasme masyarakat mengenakan tanjak sudah sangat tinggi di Tanjungpinang," tutur Chandra.

Kembali ke Riono, dengan melihat trend bazar MTQ tersebut, dia mengharapkan agar pengusaha muda terus muncul dan melahirkan produk-produk yang layak jual dan diminati masyarakat. Sehingga, perekonomian di Tanjungpinang semakin berkembang dan UMKM semakin maju.

Editor: Gokli