Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringatan Sumpah Pemuda

Pemprov Kepri Gelar Upacara dengan Semua Unsur Pemuda
Oleh : Charles/Dodo
Kamis | 27-10-2011 | 18:49 WIB

TANUNGPINANG, batamtoday - Peringatan Sumpah Pemuda ke 83 di Provinsi Kepri akan dilaksanakan dengan menggelar upacara bendera di lapangan Kantor Gubernur Kepulauan Riau dengan melibatkan seluruh unsur pemuda. 

Ketua panitia pelaksana Said Agil mengatakan dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda tahun ini, dilaksanakan sekitar jam 08.00 WIB pada Jumat (28/10/2011) besok dan mengambil tema "Pemuda Indonesia Yang Berjiwa Wirausaha Berdaya Saing dan Peduli Sesama".

Said Agil juga mengatakan, inspektur upacara dalam peringatakan Hari Sumpah Pemuda di Provinsi Kepri tahun ini, akan langsung dipimpin Gubernur Provinsi Kepri HM. Sani dan diikuti seluruh SKPD serta ratusan pemuda-pemudi dari sejumlah organisasi kepemudaan di Kepri.

"Dalam upacara besok, Gubernur juga akan membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olah Raga dan menyerahkan secara simbolis bantuan beasiswa dan mobil operasional dari PMI Pusat ke PMI Kota Batam," kata Agil kepada batamtoday, Kamis (27/10/2011).

Dalam pidato Menteri Pemuda dan Olah Raga, yang diterima Provinsi Kepri, pemerintah mengharapkan hendaknya hari Sumpah Pemuda tahun ini dijadikan sebagai momen dan refleksi tekad para pemuda untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Adapun makna dan pesan dari tema yang ditetapkan mengandung pesan langkah menuju Indonesia yang mandiri, maju dan bermartabat sangat bergantung pada karakter pemuda yang kokoh serta mengedepankan akhlak mulia di atas semangat persatuan Indonesia.

Karakter kokoh ini, bercirikan semangat patriotik, jiwa nasionalis, jati diri yang mengakar wawasan luas, kecerdasan yang mencerahkan kepedulian yang merekat serta keteguhan untuk bersatu yang semuanya dinaungi oleh nilai-nilai Pancasila dalam bingkai NKRI.