Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dadang Ingin Pendidikan Non Formal Ditekankan kepada Keterampilan Khusus
Oleh : Habibie Khasim
Rabu | 19-04-2017 | 18:50 WIB
Kadisdik-Tanjungpinang,-Dadang-1742017-400x192.gif Honda-Batam

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Huzaifa Dadang Abdul Gani (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang, Huzaifa Dadang Abdul Gani, mengatakan bahwa lembaga pendidikan non formal di Tanjungpinang dewasa ini masih mengedepankan bimbingan belajar (Bimbel). Padahal, cabang pendidikan non formal tersebut banyak dan yang paling berguna menurut dia adalah pengembangan keterampilan khusus untuk anak didik.

Dadang mengatakan, lembaga pendidikan non formal di Kota Tanjungpinang saat ini lebih banyak menbuka program bimbel dan itu telah menjamur. Sementara untuk keterampilan khusus malah sangat jarang.

"Berdasar data yang kami miliki saat ini, lembaga bimbingan non formal lebih banyak ke arah bimbel. padahal kita berharap keterampilan khusus bisa digerakkan oleh pendidik di pendidikan non formal," ujar Dadang, saat dihubungi Rabu (19/4/2017).

Dadang mengatakan, pendidikan non formal dapat dibuka seperti bimbingan menjahit, bimbingan mengemudi, berkesenian dan lainnya. Keterampilan ini mmemang tidak membuat siswa pintar, namun dengan bimbingan keterampilan khusus yang diberikan, dapat membuat anak-anak di Tanjungpinang memiliki keterampilan.

"Ketika sudah memiliki keterampilan khsusus, anak-anak bisa diarahkan menjadi Wirausaha sesuai dengan keterampilan yang dimilikinya," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya baru-baru ini menyelegarakan kegiatan "Penyelegaraan Kewirausahaan Melalui Lembaga Khusus dan Pelatihan". Melalui kegiatan tersebut, kata Dadang, diharapkan peserta dapat mengerti dan mulai menggerakkan kegiatan pendidikan non formal berbasis keterampilan khusus ke depan.

Editor: Udin