Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Turnamen LPI Lingga Digulirkan Pekan Ini
Oleh : Bayu Yiyandi
Selasa | 11-04-2017 | 08:38 WIB
lpilinga.jpg Honda-Batam

Kabid Dispora Lingga, Safaruddin saat melakukan rapat persiapan LPI Kabupaten Lingga Tahun 2017. (Foto: Bayu Yiyandi)

 

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Turnamen Liga Pelajar Indonesia (LPI), yang merupakan agenda tahunan dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga akan bergulir pada pekan ini, yakni 13 sampai dengan 16 April 2017.

 

Kabid Dispora Lingga, Safaruddin mengatakan berdasarkan hasil technical meeting yang telah dilakukan oleh pihaknya, kegiatan LPI tersebut dipastikan akan diikuti 10 tim sepakbola tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dari 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga. Dan untuk pelaksanaannya akan digelar didua tempat yakni di Dabo Singkep dan Daik Lingga.

"Iya berdasarkan rakor kita bersama dengan seluruh pihak kecamatan, mereka telah siap ikut pada turnamen LPI ini. Yakni akan digelar pada hari Kamis (13/04/2017 mendatang," kata Safar kepada BATAMTODAY.COM, Senin (10/4/2017).

Dia mengatakan digelarnya kegiatan itu didua tempat, karena mengingat keterbatasan anggaran yang dimiliki masing-masing kecamatan. Di mana setiap kecamatan yang terpusat di Dabo Singkep, seperti Kecamatan Singkep Pesisir, Singkep Selatan, Posek, Singkep dan Singkep Barat akan melakukan pertandingan diwilayah tersebut.

Sementara kecamatan yang berada di pulau Lingga, yakni kecamatan Lingga, Lingga Timur, Lingga Utara, Selayar dan Senayang akan melakukan pertandingan di pusat Ibukota yakni di lapangan Sultan Mahmud Riayat Syah. Namun pembukaan dan penutupan LPI itu sendiri dikatakan Safar tetap akan digelar di Ibukota Kabupaten Lingga.

"Karena anggaran tidak memadai, dan juga jarak tempuh jauh seperti kecamatan Posek kita mempertimbangkan hal itu. Sementara mau menggandeng PSSI, mereka juga tidak ada dana. Makanya dibuat didua tempat. Tapi pembukaan dan penutupan tetap di Daik," ungkap Safar.

Dijelaskan safar lagi selain agenda tahunan, LPI juga dilakukan dengan tujuan mencari bibit unggul sekaligus melakukan pembinaan terhadap pelajar di Lingga untuk berprestasi di bidang olahraga. Sementara dari hasil turnamen itu sendiri, nantinya mereka yang telah terpilih akan diikutsertakan pada liga pelajar sepakbola tingkat Provinsi.

"Kami terus berupaya agar kompetisi olahraga di kalangan pelajar terus berkesinambungan tiap tahunnya agar bibit unggul pemuda di Lingga ini terus tumbuh dan bisa membawa nama Lingga baik itu dikancah provinsi maupun nasional.

Saya berharap LPI ini berjalan dengan sukses dan dapat meningkatkan sifat kesatria, kepatuhan dan sportivitas bagi pelajar dalam menjalankan aturan permainan, sehingga membentuk manusia yang kuat dan berdaya saing." tutur pria yang juga Ketua DPD KNPI Lingga ini.

Editor: Dardani