Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelaksanaan UNBK SMA Hari Pertama di Tanjungpinang Berjalan Lancar
Oleh : Ismail
Senin | 10-04-2017 | 13:14 WIB
unbk-011.gif Honda-Batam

Siswa SMA Negeri 2 Tanjungpinang tengah mengikuti UNBK. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Meski sempat mengalami masalah server di salah satu SMA Kota Batam, pelaksanaan Ujina Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kota Tanjungpinang terbilang tertib dan lancar. Tidak ditemukan masalah yang signifikan dalam pelaksanaan UNBK tingkat SMA kali ini.

Seperti yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tanjungpinang, Jalan Basuki Rahmat, Senin (10/4/2017). Para peserta yang mengikuti UNBK tampak tenang mengerjakan soal pada komputer di hadapannya. Salah satu pengawas, Riawati mengungkapkan, pada dua sesi pelaksanaan UNBK hari pertama ini, tidak ada keluhan yang disampaikan para siswa mengenai soal yang diberikan.

"Lancar saja. Tidak ada keluhan yang disampaikan siswa," katanya.

Riawati mengungkapkan, pada hari pertama pelaksanaan UNBK, para siswa diujikan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam pengerjaannya, para siswa diberikan waktu 2 jam untuk menjawab 50 soal yang ada di Komputer.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Tanjungpinang, Encik Abdul Hajar. Pada hari pertama pelaksanaan UNBK, pihaknya belum menerima keluhan dari anak didik terkait soal ujian.

"Bisa dilihat dari raut wajah anak-anak. Sumringah saja. Sepertinya memang lancar-lancar saja," ungkapnya saat ditemui BATAMTODAY.COM.

Sebagai upaya untuk mencegah persoalan teknis listrik selama pelaksanaan UN, kata Encik, pihaknya sengaja menyiapkan mesin genset serta petugas PLN untuk mengatasi permasalahan tersebut.

"Kita siagakan juga mesin genset dan petugas PLN, untuk jaga-jaga takut listrik padam," tutur Encik.

Tahun ini, jumlah siswa SMA Negeri 2 Tanjungpinang melaksanakan UN berjumlah 340 siswa. Pelaksanaan UNBK pun dilakukan menjadi tiga sesi dalam sehari. Sesi pertama dimulai pukul 7.30-9.30, kedua 10.30-12.30, lalu dilanjutkan dengan sesi ketiga pukul 14.00-16.00.

"Jumlah komputer yang kita pakai 114 komputer. Jadi, kita bagi menjadi 3 sesi," imbuhnya.

Sementara itu, salah satu siswa Cindy mengaku, pada hari pertama pelaksanaan UNBK, dirinya tidak mengalami kendala dalam menjawab soal. Soal-soal yang diberikan pun, dikatakannya sudah dipelajari sebelumnya disekolah.

"Lancar aja. Tidak ada kendala kok. Soalnya pun mudah, hanya jawabnya aja yang susah," candanya saat ditanya tentang soal yang diujikan.

Editor: Yudha