Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Salurkan Dana Hibah untuk Usaha Mikro

Masyarakat Diminta Aktif Dapatkan Modal Usaha dari Kemenkop dan UKM
Oleh : CR-14
Jum'at | 07-04-2017 | 16:26 WIB
OMKM.gif Honda-Batam

Asisten Deputi Pengembangan Perkoperasian dan UKM, Talkah Badrus (Foto: CR-14)

BATAMTODAY.COM, Batam - Asisten Deputi Pengembangan Perkoperasian dan UKM, Talkah Badrus, mengimbau kepada masyarakat Kota Batam untuk bisa berperan aktif mendapatkan modal untuk menjalankan usaha. Tujuannya agar meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Pemerintah telah menyiapkan dana hibah bagi pelaku UKM. Untuk mendapatkan dana hibah harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan Kementerian Koperasi dan UKM. Dana hibah yang diberikan sebagai bentuk bantuan sosial yang dapat digunakan sebagai modal usaha.

"Bantuan ini diberikan dalam bentuk modal usaha hibah, sehingga tidak perlu dikembalikan. Karena bantuan ini adalah hibah murni yang telah disiapkan oleh Kementerian UKM bagi Usaha Kecil Menengah perorangan," ujar Talkah Badrus, saat menghadiri acara Kewirausahaan Nasional (GKN) di Fame Hotel, Jalan Putri Hijau, Kecamatan Sagulung, Jumat (7/4/2017).

Dana yang diberikan kepada setiap pelaku UMKM lanjut Talkah Badrus, sebessar Rp10 juta sampai dengan Rp15 juta. Tujuannya agar usaha mereka terus berkembang dan tidak bangkrut.

Bantuan modal bisa diterima pelaku UMKM apabila memenuhi sejumlah syarat, seperti usaha telah berjalan lebih dari enam bulan, memiliki kelengkapan izin, mendapat rekomendasi dari dinas dan lainnya.

“Kami selalu berusaha untuk meningkatkan jumlah pelaku UMKM. Selain pelatihan, juga diberi kemudahan mengurus izin usaha bagi pelaku UKM yang sudah mengajukan proposal kepada kementerian koperasi UKM yang akan mendapatkan dana hibah," ujarnya saat selesai acara UKM.

Talkah Badrus juga mengatakan, pemerintah dengan programnya GKN atau Gerakan Kewirausahaan Nasional telah memberikan kesempatan bantuan kepada 1.300 orang pelaku usaha kecil menengah, guna mendongkrak pertumbuhan usaha mikro.

"Pelatihan pelaku usaha ini sangat terbatas, saat ini kita berikan pelatihan kepada warga Kota Batam sebanyak 40 orang pemilik usaha menengah yang telah memenuhi syarat. Bantuan akan diberikan dalam bentuk modal usaha hibah, sehingga tidak perlu dikembalikan karena bantuan ini adalah hibah murni," ujarnya.

Editor: Udin