PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tangisan Langit Iringi Perpisahan Kombes Helmy Santika
Oleh : Romi Candra
Selasa | 04-04-2017 | 08:27 WIB
kapolresdanromi.jpg honda-batam

Keakraban Kombes Hemly Santika bersama para wartawan. (Foto: Romi Candra)

SENIN, 3 April 2017, menjadi hari bersejarah bagi keluarga besar Polresta Barelang. Karena tongkat komando tertinggi di Polresta Barelang itu diserahterimakan. Posisi Komisaris Besar Helmy Santika akan digantikan oleh wakilnya sendiri, AKBP Hengky.

Perpisahan yang dilakukan Helmy bersama semua jajaran personil Polresta Barelang digelar secara sederhana, Sabtu, 1 April 2017. Meski sederhana, rasa haru tak dapat disembunyikan, air mata pun berderai. Bahkan, langit juga ikut menangis melepas Komisaris Besar Helmy Santika ke tempat tugas barunya.

Helmy Santika, nama ini begitu akrab. Selama satu tahun tiga bulan ia memimpin, banyak hal yang telah ia berikan. Bahkan selama kepemimpinannya, Batam terbilang kondusif. Para pelaku tindak pidana yang sebelumnya sangat meresahkan, banyak yang berhasil ditangkap.

Dalam perbincangan BATAMTODAY.COM dengan beberapa personil di Polresta Barelang, tidak satu kata negatif pun yang terlontar. Sebaliknya, mereka merasa berat untuk berpisah. "Kenapa waktu terasa cepat, kami belum sepenuhnya mengambil ilmu dari beliau. Banyak hal yang bisa kami pelajari," ungkap seorang anggota polisi.

Helmy Santika adalah sosok yang tak pernah melihat segala sesuatu dari kacamata materi, pangkat maupun jabatan. Bahkan, ia tak keberatan untuk duduk bersama-sama dengan anggota, bersenda gurau dan lain sebagainya.

Begitu juga dengan awak media, yang sehari-hari meliputan di Polresta Barelang. Mereka pun merasakan kesan yang sangat berarti. Kepada para wartawan itu, Helmi tak sungkan untuk memberikan pemahanan atau menegur media jika salah. Sebaliknya, ia juga menerima kritik jika melakukan kesalahan.

Hal yang paling utama dirasakan wartawan adalah, Helmy adalah narasumner yang baik. Kapan dan di mana saja, ia tanpa berat hati langsung menjawab apa saja pertanyaan yang dilontarkan untuk konfirmasi.

Bahkan, jika pertanyaan yang diajukan salah, ia juga mau meluruskan, dan bahkan menuliskan untuk wartawan apa yang akan dimuat.

Pengalaman yang didapatkan, agar apa yang ditulis tidak salah, sosok seorang Kapolres ini justru tanpa basa basi mengambil ponsel milik kami yang dijadikan alat untuk mencatat apa saja statemen yang dikeluarkan. Tanpa pikir panjang, ia langsung memainkan jari jemarinya, merangkai kata yang nantinya bisa kami olah dan susun untuk menjadi sebua berita.

"Sulit mencari sosok pemimpin yang bisa mengerti seperti beliau. Meskipun tegas, namun beliau bisa memeberikan pemahanan yang langsung masuk ke hati masing-masing kita," ungkap Oca, wartawati senior di Polresta Barelang, Senin (3/4/2017).

Benar, sosok Helmy Santika, adalah narasumber sekaligus orangtua yang mengajarkan kami untuk menjadi lebih baik. Baik dalam berkarya maupun menjadi diri yang berguna untuk siapa saja.

Sesuai dengan TR yang dikeluarkan, Helmy mendapat tugas menjadi Direktur Narkoba Polda Kepri. Meskipun nantinya masih bisa berjumpa, namun sudah pada waktu dan keadaan yang berbeda.

Selamat bertugas Ndan, Semoga Sukses Selalu...

Editor: Dardani