Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lingga Jajaki Kerja Sama Pemasaran Produk Pertanian ke Batam
Oleh : Nur Jali
Kamis | 30-03-2017 | 18:26 WIB
Alias-Wello.gif Honda-Batam

Bupati Lingga Alias Wello (Foto: Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Pemerintah Kabupaten Lingga mulai melakukan penjajakan kerja sama dengan Pemerintah Kota Batam untuk memperluas area pemasaran hasil pertanian masyarakat setempat.

Bupati Lingga Alias Wello mengatakan, kedua daerah pernah duduk bersama dan membicarakan rencana tersebut beberapa waktu lalu. Pemko Batam cukup merespon baik dan mengharapkan kerja sama di bidang itu dituangkan dalam sebuah nota kesepahaman (MoU).

"Kami akan buat kerja sama penyaluran hasil pertanian ini secepatnya, mereka minta draft dan sudah sepakat nanti dituangkan dalam bentuk MoU," kata dia di Daik Lingga, Kamis.

Menurut pria yang akrab disapa Awe ini, potensi Lingga di bidang pertanian cukup baik. Hanya saja, kendala pemasaran membuat masyarakat enggan meningkatkan skala produksinya selama ini.

"Ke depan, dengan semakin baiknya transportasi darat dan laut di Lingga serta kerja sama pasar dengan kabupaten/kota di Kepri, Insya Allah sektor ini akan tumbuh baik," ungkapnya.

Bupati Lingga Alias Wello saat menanam tanaman produk holtikultura (Foto: Nur Jali)

Pemda Lingga, lanjut Alias, lewat pencanangan program Lingga menanam 1 Maret 2017 lalu, telah mewajibkan tiap desa dan kelurahan membangun perkebunan di atas lahan minimal seluas 5 Hektare.

Lewat pencanangan tersebut, menurutnya, akan menopang kuota permintaan pasar Kota Batam, Tanjungpinang dan sekitar, terhadap produk pertanian jenis sayuran, cabai dan produk hortikultura lain.

Pemkab Lingga juga telah membuat komitmen untuk membantu setiap kebutuhan produksi sejumlah kelompok tani binaan yang sudah berjalan saat ini, seperti kelompok tani PKK, dan Kelompok Wanita Tani Pedesaan.

Selain itu, lewat kantong pribadi Bupati Awe, juga turut membantu membiayai modal produksi petani di dua desa transmigran yakni, Bukit Langkap dan Kerandin.

"Kami yakin, sektor ini akan memberi dampak besar pada peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Lingga ke depan," ujarnya.

Editor: Udin