Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Budaya Tertib Berlalu Lintas di Batuaji Sangat Buruk
Oleh : CR-14
Kamis | 30-03-2017 | 09:37 WIB
lampu-01.gif Honda-Batam

Inilah potret budaya tertib berlalulintas yang buruk di Jalan Brigjen Katamso, Batuaji. (Foto:Yosri Novriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Budaya tertib berlalulintas di daerah Batuaji, seperti di Jalan Brigjen Katamso, sangat buruk. Rambu lalu lintas jarang dipatuhi dan kelengkapan berkendara, seperti penggunaan helm juga sangat minim.

Pantauan BATAMTODAY.COM pada Kamis (30/3/2017) pagi, banyak pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm dan menghidupkan lampu kendaraan. Hal ini juga diperburuk angkutan umum yang ugal-ugalan di jalan tersebut.

Minimnya kesadaran warga untuk tertib berlalulintas, kerap membahayakan pengguna jalan lainnya. Hal ini bisa dijumpai di perempatan depan pasar Fanindo Batuaji.

Di perempatan itu telah dipasang lampu lalu lintas (traffic light). Tetapi, pengendara tetap saja tak patuh dan kerap menerobos jalan saat lampu merah menyala.

"Sulit menemukan pengendara di sini (simpang depan pasar Fanindo Batuaji) yang patuh lampu lalu lintas. Kalau menerobos lampu merah sudah hal yang biasa," kata Masri, salah satu warga ditemui di lokasi, Kamis.

Pria yang kesehariannya menjual air kelapa di Jalan Brigjen Katamso itu, menambahkan kendaraan yang melintas di jalan tersebut cukup padat. Hanya saja, budaya tertib berlalulintas masih buruk.

"Selain orang dewasa, anak-anak sekolah juga kerap ugal-ugalan di jalanan ini. Sudah saatnya untuk ditertibkan," imbuhnya.

Editor:Gokli