Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tim Bintan Juara Pertama, Festival Barongsai dan Lampion di Karimun
Oleh : Nursali
Minggu | 26-03-2017 | 08:00 WIB
barongsai.gif Honda-Batam
Atraksi peserta festival barongsai di Karimun. Tim Bintan menjuarai festival barongsai dan lampion (Ffoto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sebanyak 11 tim dari dalam dan luar negeri bertarung menjadi yang terbaik pada festival barongsai dan lampu lampion di Coastal Area, Kabupaten Karimun, Sabtu (25/3) malam.

Tim-tim barongsai lokal yang ikut turun sebagai peserta berasal dari Karimun, Tanjung Batu, Batam, Bintan, Tanjungpinang dan Tebing Tinggi Sumut. Sementara peserta luar negeri berasal dari tim Johor Malaysia dan Singapura .

Ribuan masyarakat Karimun dan turis mancanegara ikut menyaksikan festival ini. Festival secara resmi dibuka oleh Gubernur Kepri, Nurdin Basirun yang ditandai dengan pemukulan tabur. Kegiatan ini digelar oleh Pemkab Karimun melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud).

Dalam sambutannya Nurdin mengatakan, festival ini akan menjadi event tahunan di Kabupaten Karimun. Dan, untuk tahun depan festival akan dilaksanakan oleh Pemprov Kepri bersama Pemkab Karimun.

"Penikmat seni dan olah raga barongsai ini bukan hanya warga Tionghoa saja. Tapi pribumi juga
menyukainya," kata Nurdin.

Dutambahkan Nurdin, dengan adanya festival barongsai tingkat internasional ini diharapkan perekonomian Karimun dari sektor pariwisata akan meningkat. Saat ini, menurutnya perekonomian dari sektor pariwisata termasuk pemasukan yang cukuo besar bagi daerah.

"Setiap Kabupaten dan Kota di Kepri memiliki keunggulannya. Untuk Karimun, unggul disektor pariwisata, agama dan pendidikan," tuturnya.

Sementara itu Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyebutkan festival seperti ini merupakan perayaan seni budaya. Bahkan festival seperti ini dapat menjadi ikon tertentu bagi Karimun.

"Kegiatan ini dapat menjadi ajang promosi bagi daerah kita. Sehinhga dapat menjadi daya tarik wisman sekaligus untuk pelestarian nilia-nilai budaya di Karimun," ujarnya.

Usai seluruh tim menampilkan kebolehan mereka, akhirnya dewan juri dari Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Jakarta dan Padang memutuskan tim barongsai Bintan Dragon dan Lion Atletik Associaton Tanjungpinang memperoleh nilai tertinggi.

Untuk juara kedua diraih oleh tim barongsai Zhu Yun Gong dari Singapura. Sedangkan juara ketiga diraih tim barongsai Himpunan Cinta Teman dari Pekanbaru. Selanjutnya juara harapan satu diraih tim Thai Hing Nam Wah dari Johor Malaysia dan diikuti oleh tim Persaudaraan Barongsai dari Batam dengan sebagai juata harapan dua.

Untuk pemenang lomba lampu lampion (perorangan), juara pertama diraih oleh peserta atas nama Siswanto yang menampilkan lampu lampion ayam yang terbuat dari plastik, kawat dan bulu ayam. Sementara juara kedua diraih peserta atas nama Suratman yang menampilkan lampu lampion naga merah dan juara ketiga diraih peserta atas nama Suraji.

Editor: Udin