Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Jadwal UN Tingkat SMP dan SMA Sederajat
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 21-03-2017 | 12:50 WIB
Ujian_nasional1.gif Honda-Batam

Ilustrasi ujian nasional.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tertulis maupun berbasis komputer tingkat SMP dan SMA sederajat tahun ajaran 2016-2017 tinggal menghitung hari.

 

Berdasarkan jadwal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pelaksanaan UN tingkat SMK pada 3-6 April mendatang, sementara SMA/MA pada tanggal 10-13 April.

"Kalau untuk SMA dan SMK itu wewenangnya di Provinsi, bukan di Disdik Batam," ujar ketua pelaksana UN Kota Batam, Hernowo yang juga Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP, Selasa (21/3/2017).

Sementara UN tingkat SMP akan berlangsung pada tanggal 2, 3, 4 dan 8 Mei mendatang. Artinya para peserta UN masih memiliki waktu selama satu bulan lebih untuk mempersiapkan diri.

Pelaksanan Ujian Nasional tingkat SMP sederajat akan diadakan dua kategori yakni ujian tertulis dan berbasis komputer. Untuk berbasis komputer atau UNBK akan diikuti 22 sekolah Negeri dan Swasta yakni SMP 3, SMP 4, SMP 6, SMP 11, SMP 12 dan SMP 26. Kemudian SMP Kartini 1 dan 2, SMP Charitas, SMP Putra Batam, SMP Yos Sudarso, SMP Harapan Utama, SMP Mondial, SMP Global, SPM Idependen, SMP Besik, SMP Yehonala, SMP Nabila, SMP Dewita, SMP Calista, dan SMP Laksamana.

"Sudah di verifikasi dan sampai hari ini semua tidak ada kendala. Semua sudah memiliki fasilitas yang standar seperti komputer dan jaringan," kata Hernowo.

Menurutnya, sekolah yang mengikuti UNBK lebih diunggulkan dibanding ujian berbasis kertas dan pensil. Karena dari segi waktu dalam pengerjaan soal, UNBK lebih hemat dibanding kertas dan pensil. Dalam membulatkan lembar jawaban memakan waktu 20-30 detik untuk satu soal saja.

"Itu baru satu soal, yang diujikan 40 soal belum lagi siswa salah membulatkan, jadi UNBK sangat diuntungkan. Harapan kedepan peserta UNBK bisa bertambah dan yang belum menerapkan bisa mengikuti," pungkasnya.

Editor: Yudha