Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Gagalkan Penyelundupan 24.900 Benih Lobster di Bandara Hang Nadim
Oleh : Romi Candra
Selasa | 21-03-2017 | 08:00 WIB
lobsterselundupan.jpg Honda-Batam

Inilah 24.900 benih lobster yang akan diselundupkan ke Singapura. (Foto: Romi Candra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Upaya penyelundupan sebanyak 24.900 benih lobster dari Jakarta, berhasil digagalkan aparat kepolisian yang berjaga di Bandara Hang Nadim, Senin (20/3/2017) sore, sekitar pukul 16.40 WIB.

Saat ini, puluhan ribu benih lobster yang ditenggarai menelan kerugian negara sebesar Rp 3 miliar, langsung dibawa ke Polresta Barelang, beserta satu orang terduga pelaku yang berhasil diamankan, berinisial AJ (36). Selain itu, pihak dari Kantor Karantina Ikan Batam, juga langsung mendampingin untuk proses selanjutnya terhadap benih-bemih tersebut.

Dari keterangan yang diperoleh, benih tersebut dibawa dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Hang Nadim untuk transit. Kemudian direncanakan akan dikirim ke Singapura.

"Saya hanya ditugaskan mengatar dari Jakarta ke Batam. Semua tiket dan biaya sudah ditanggung. Sampai di Hang Nadim, nanti ada lagi yang membawa ke Singapura," ungkap AJ, saat ditanyai pewarta.

Untuk sekali membawa, ia diupah Rp 2 juta. Ia juga menyebutkan bahwa pemilik barang tersebut berinisial U. U juga datang bersamanya namun berhasil kabur di Bandara Hang Nadim.

"Tadi U kabur. Yang punya dia, dan pengurusan biaya sampai tiket dia. Saya hanya kurir," jelasnya.

Sementara itu, menurut Kepala Kantor Karantina Ikan Batam, Ashari Syarief, yang langsung turun ke Mapolresta Barelang, mengatakan, dengan aksi penggagalan upaya penyelundupan ini, berhasil menyelamatkan kerugian negara senilai Rp3 miliar.

"Benih lobster ini salah satu komoditi dilarang untuk ditangkap, apalagi diperjual belikan sampai diselundupkan ke luar negeri. Sampai sejauh ini, kita belum tahu asal benih ini dari mana, namun datangnya dibawa dari Jakarta," terang Syarief.

Editor: Dardani