Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sistem Monitoring Kepsek Lingga via Whatsapp Tunjukkan Hasil Positif
Oleh : Bayu Yiyandi
Selasa | 14-03-2017 | 11:38 WIB
Kadisdik-Lingga1.gif Honda-Batam

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga, Kasiman. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Sistem monitoring yang diterapkan Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga dalam bentuk wajib lapor bagi setiap Kepala Sekolah beberapa waktu lalu sudah mulai menunjukkan hasil positif.

Baik dari peningkatan kedisiplinan para tenaga guru, maupun kreatifitas belajar yang dilakukan di sekolah.

"Iya alhamdulillah kedisplinan guru khususnya yang mengajar di kepulauan mulai menunjukkan perubahan yang positif. Saya terus memantau setiap harinya melalui akun WA yang telah kita siapkan," kata Kasiman, Kepala Dinas Pendidikan Lingga kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (14/3/2017).

Dia melihat, perubahan signifikan pada sisi kedisplinan guru di Kabupaten Lingga itu tidak terlepas dari efektifnya sistem monitoring yang diterapkan Disdik saat ini. Dengan mewajibkan setiap guru terutama Kepala Sekolah untuk posting foto selfie kegiatan belajar mengajar setiap hari di sekolahnya masing-masing, ke grup Whatsapp yang telah disiapkan.

"Kalau dulu kita sering mendengar permasalahan guru bolos ngajar, terutama di daerah kepulauan Kecamatan Senayang, sekarang sudah menunjukkan perubahan yang baik," ungkapnya.

Kedisiplinan, lanjutnya, menjadi salah satu faktor yang menentukan tingkat keberhasilan pendidikan. Untuk itu, kedisiplinan menjadi perhatian khususnya sejak ditunjuk menjadi Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Lingga. Ditambah dengan sisi lainnya dalam upaya meningkatkan mutu peserta didik.

"Saya sendiri yang memonitor kegiatan belajar belajar melalui grup WA ini. Setiap pagi mereka wajib absen di WA dengan mengirim foto. Jadi nampak wajah mereka di WA itu," tutupnya.

Editor: Yudha